Waspadai Gejala Terjadinya Cedera ACL Agar Segera Dapatkan Pertolongan Pertama

Bisa dikatakan bahwa setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia memiliki resiko terjadinya cidera, baik itu pada bagian kaki, kepala bahkan juga lutut. Salah satu diantaranya adalah aktivitas sehat yaitu olahraga. Tentunya bukan sebuah rahasia lagi jika dikatakan bahwa olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun Anda tentunya juga tau bahwa setiap aktivitas fisik yang berlebihan bisa memicu terjadinya cedera. Salah satu yang paling terjadi adalah cedera ACL atau yang lebih dikenal sebagai cedera pada bagian lutut.

 

Hal ini disebabkan karena bagian ligament robek, sehingga menyebabkan rasa yang sakit, bahkan terkadang membuat atlet juga kesulitan untuk berjalan. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi semacam ini. Tingkat cedera yang satu ini juga ada beberapa jenis, diantaranya adalah yang masih tergolong ringan, namun juga ada yang sudah sangat parah, dalam kondisi yang parah ini umumnya akan sangat sulit untuk memulihkan, membutuhkan waktu yang lama agar ligament kembali seperti semula.

lalu apa saja gejala dari cedera ACL tersebut, berikut yang wajib diketahui:

Waspadai Gejala Terjadinya Cedera ACL Agar Segera Dapatkan Pertolongan Pertama

  1. Saat cedera terjadi biasanya akan disertai dengan suara yang keras yang berasal dari lutut, seperti bunyi patahan yaitu krek.
  2. Rasa sakit yang menyertainya juga hebat, bahkan tidak bisa melanjutkan kegiatan atau aktivitas tersebut. Biasanya seorang atlet lompat jauh dan lompat tinggi yang paling sering mengalami hal ini, harus segera diberikan pertolongan pertama.
  3. Tidak bisa melakukan pergerakan pada bagian yang cedera, mereka yang mengalami masalah pada ligament tidak akan mampu untuk menggerakkan bagian tersebut, jikapun bisa maka akan sakit dan mudah goyang.
  4. Terjadinya pembengkakan, pembengkakan ini sendiri memang tidak terjadi secara langsung, melainkan beberapa jam setelahnya, bagian kulit lutut akan bertambah besar dan disertai dengan warna membiru.
  5. Bantalan berat menjadi tidak stabil, hal ini disebabkan karena ligament yang berfungsi untung menopang kedua buah poros atau sendiri mengalami masalah, sehingga berat badan yang biasanya bisa ditumpu oleh satu kaki menjadi tidak stabil.

Kondisi semacam ini tentunya tidak bisa disepelekan, karena bisa memicu terjadinya hal yang lebih serius, salah satu diantaranya adalah perubahan pada struktur atau bentuk kaki. Jadi harus segera diberikan pertolongan pertama, biasanya dengan:

  1. Mengangkat kaki setinggi mungkin dalam bentuk lurus, sehingga posisi tidak akan berubah.
  2. Kompres bagian yang mengalami cedera tersebut dengan menggunakan air es.
  3. Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis, biasanya mereka akan menjadwalkan terapi atau memakai obat-obatan.

 

Baca Juga Bahaya Cedera Acl untuk Pemain Bola

Cedera ACL paling sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, bahkan bagi orang biasa sekalipun, jadi patut diwaspadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>