Tips Olahraga Yang Cocok Untuk Para Lansia

Olahraga tidak pernah mengenal batas usia, tidak hanya untuk anak kecil dan dewasa saja namun juga para lansia harus tetap melakuka olahraga. Justru di usia yang sudah lanjut ini mereka harus memperbanyak olaraga agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Banyak sekali tips olahraga yang cocok untuk para lansia, pastinya jenis olahraganya juga disesuaikan dengan usianya. Menjaga kesehatan tubuh di usia lanjut akan sangat penting sekali, pasalnya banyak kejadian dimana usia lanjut sering terkena penyakit.

Tips Olahraga Yang Cocok Untuk Para Lansia

Dengan bertambahnya usia pastinya daya tahan tubuh dan berbagai fungsi organ tubuh akan memiliki penurunan. Namun harus anda ketahui dimana untuk penurunan fungsi organ tubuh tersebut bisa di kendalikan. Untuk mengendalikannya dengan pola hidup sehat dan tips olahraga yang tepat. Untuk anda para lansia sebaiknya pahami beberapa cara olahraga yang tepat untuk anda lakukan.

  • Latihan Ketahanan

Dengan melakuan latihan ketahanan fisik dimana akan memberikan manfaat agar tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah lelah. Olahraga yang cocok untuk melatih ketahanan tubuh yakni dengan melakukan olahraga seperti jalan cepat, berenang dan bersepeda.

  • Latihan Jongkok

Banyak orang yang menyelepelakan untuk jenis olahraga satu ini, olahraga jongkok ini walaupun termasuk sangat ringan namun memiliki manfaat yang begitu besar. Latihan jongkok tersebut dilakukan dengan anda berada di depan kursi dan posisikan tangan anda tepat di depan. Pegang erat kursi tersebut dan lakukan gerakan jongkok berulang ulang.

  • Senam Aerobik

Senam aerobik memang menjadi pilihan tips olahraga banyak lansia yang ingin melakuka olahraga. Pasalnya gerakan senam aerobik ini tidak hanya menyehatkan badan namun juga memberikan hiburan yang membuat otak semakin segar atau fress. Dengan melakukan senam aerobik dimana akan memberikan manfaat untuk membakar kalori, kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi dan kesehatan organ lainnya.

  • Push Up

Sebenarnya untuk olahraga push up ini cukup berat jika dilakukan oleh lansia. Namun jika mereka masih sanggup maka disarankan untuk melakukan push up. Anda bisa melakukan dengan berdiri menghadap ke tembok dan lakukan push up ke tembok tersebut. Hal ini bertujuan agar otot otot tubuh tidak kencang dan lebih lemas.

  • Latihan Keseimbangan kaki

Tips olahraga yang cocok untuk lansia selanjutnya yakni dengan melakukan latiha kesemimbagan kaki. Dengan gerakan tersebut akan memberikan manfaat agar memperkuat pinggul bokong, dan otot punggu bagian bawah. Cara untuk melakukannya cukup mudah latihan lah berdiri dengan satu kaki.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Demikian tadi beberapa ulasan terkait dengan tips olahraga yang cocok untuk para lansia. Masih banyak sekali gerakan olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan dan memberikan dampat bagus. Dengan begitu olahraga tidak akan mengenal usia, semuanya bisa melakukannya dengan menentukan jenis olahraga yang cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>