Tips Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga bagi ibu hamil penting dilakukan, baik dari hamil muda sampai hamil tua. Ketika seseorang hamil di usia kandungan yang masih muda, olahraga berguna untuk mengurangi mual di pagi hari. Sementara bagi yang sebentar lagi menjelang lahiran, olahraga dapat melancarkan persalinan. Selain itu, biasanya banyak sekali rasa tidak nyaman yang didapat ibu saat mengandung, mulai dari sakit punggung, kaki, hingga pegal-pegal di seluruh badan. Untuk meminimalisir hal tersebut maka diperlukan olahraga. Olahraganya pun tidak sembarangan. Ada tips-tips olahraga khusus untuk ibu yang sedang mengandung.

Tips Olahraga untuk Ibu Hamil

Berikut adalah tips olahraga untuk ibu hamil mulai dari bulan pertama sampai dengan kehamilan bulan kesembilan :

  • Bulan Pertama

Banyak bidan dan dokter kandungan yang menganjurkan ibu hamil untuk mengikuti senam hamil sejak kandungan usia dini. Hal ini karena senam hamil berfokus pada pengaturan dan latihan pernafasan. Asal kamu tahu, ibu hamil butuh asupan oksigen 20 persen lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Durasi senam yang baik yaitu 30 menit sampai dengan 60 menit dan dilakukan sebanyak 3 atau 5 kali dalam seminggu.

  • Bulan Kedua

Memasuki dua bulan, morning sickness biasa terjadi. Ibu hamil bisa berjalan-jalan pagi hari dengan durasi 30 menit atau bisa juga mengikuti yoga agar pikiran tenang.

  • Bulan Ketiga

Hamil 3 bulan masih tergolong kehamilan muda sehingga masih belum diperbolehkan untuk melakukan olahraga berat. Olahraga yang diperbolehkan yaitu jalan santai dan juga bisa renang dengan durasi 30 menit saja.

  • Bulan Keempat

Saat bulan ini, semuanya hampir terasa normal kembali. Morning sickness hilang, tidur lebih nyenyak, dan juga kehamilan sudah agak kuat. Olahraga yang dilakukan pun lebih variasi, seperti jogging ringan dan renang.

  • Bulan Kelima

Bulan kelima ditandai dengan rahim yang semakin membesar sehingga keseimbangan sedikit terganggu. Senam kehamilan harus dilakukan dan bisa juga latihan beban. Untuk menghindari rasa pusing dan juga cedera perut, maka ada baiknya latihan dilakukan ketika posisi duduk.

  • Bulan Keenam

Untuk membuat ibu hamil usia 6 bulan tetap berenergi, bisa dengan jogging atau yoga dengan durasi 30 sampai dengan 60 menit per hari.

  • Bulan Ketujuh

Berbeda dari bulan lain, kehamilan 7 bulan sangat rentan seperti halnya dengan kehamilan muda. Di usia ini, latihan beban dan olahraga yang terlalu berat harus dihindari.

  • Bulan Kedelapan

Olahraga untuk ibu hamil usia 8 bulan yaitu senam hamil. Namun senamnya berbeda dengan senam hamil saat usia kandungan masih muda.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

  • Bulan Kesembilan

Usia dimana mendekati persalinan seperti ini lebih baik membatasi gerak olahraga. Cukup lakukan saja senam ringan atau jalan kaki yang akan berguna untuk memperlancar persalinan

Itulah beberapa tips olahraga untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>