Tips Olahraga Saat Puasa

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang membuat tubuh kita selalu bugar dan sehat. Berolahraga memang kegiatan yang melelahkan dan dapat menguras energi. Lalu bagaimana jika saat berpuasa? Apakah tidak boleh berolahraga? Lalu bagaimana dengan kesehatan kita? Sebenarnya boleh saja sih, namun agar tidak kelelahan dan kehabisan energi sehingga dapat membatalkan puasa, maka Anda harus memperhatikan beberapa tips olahraga dibawah ini.

Tips Olahraga Saat Puasa

Memang sebenarnya olahraga sendiri merupakan kegiatan yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh kita. Dengan melalui keringat yang keluar dari pori-pori, maka racun dalam tubuh kita pun akan ikut keluar. Namun saat berpuasa, tentu resiko kehabisan energi pun mungkin akan mengahampiri Anda. Sebab saat berpuasa sendiri, kita dianjutkan untuk tidak makan dan minum sehingga sumber energi pun tidak banyak di dalam tubuh. Nah untuk tetap berolahraga saaat berpuasa, mungkin Anda dapat memperhatikan beberapa tips olahraga saat waktu puasa berikut ini:

  • Olahraga lah sesaat sebelum waktu berpuka puasa

Untuk Anda yang tetap ingin berolahraga ketika puasa, maka alternatifnya adalah mengisi waktu ngabuburit dengan berolahraga. Nah meskipun setelah berolahraga Anda kecapekan, kelaparan, dan kehabisan energi sekalipun, maka Anda tidak lagi menunggu waktu lama untuk berbuka puasa. Anda bisa berolahraga dengan teman agar seru dan tidak terlalu merasa kecapekan sendirian. Dengan demikian maka ngabuburit Anda pun menjadi lebih seru dan lebih bermanfaat.

  • Memperpendek waktu berolahraga

Sebenarnya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tidaklah perlu berolahraga secara berlama-lamaan, namun yang terpenting adalah seberapa rutinkah Anda berolahraga. Nah salah satu tips untuk berolahraga saat berpuasa yaitu dengan cara memperpendek waktu berolahraga. Meskipun tidak terlalu lama, asalkan Anda rutin maka tubuh Anda akan tetap bugar kok. Jika biasanya Anda berolahraga selama satu jam, mungkin Anda bisa memperpendeknya menjadi 45 menit atau 30 menit. Dengan memperpendek waktu berolahraga maka Anda pun tidak akan khawatir kehabisan energi sebelum adzan maghrib tiba.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

  • Jadikan olahraga sebagai sebuah hobi dan bukan kewajiban

Jika Anda menjadikan olahraga sebagai kewajiban, maka Anda pun akan merasa terbebani dan terlalu memaksakan tubuh untuk terus berolahraga walau kondisi tidak memungkinkan. Untuk itu mungkin Anda bisa menjadikan olahraga sebagai hobi, sehingga Anda akan merasa senang ketika melakukannya. Nah dengan demikian, saat Anda berpuasa maka Anda pun tidak akan memaksakan tubuh untuk berolahraga yang terlalu berat. Anda mungkin bisa mengurangi intensitas olahraga menjadi seminggu 3 kali atau 4 kali pokoknya tidak setiap hari jika kondisi tubuh tidak memungkinkan. Atau mungkin Anda juga bisa berolahraga dengan jenis-jenis olahrga yang agak ringan dan tidak terlalu menguras tenaga.

Nah itu dia sob beberapa tips olahraga saat berpuasa, pastikan olahraga jalan, puasa pun tetep jalan. Oke semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>