Tips Olahraga dan Diet untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Tubuh gemuk memang menjadi alasan seseorang melakukan diet. Ada beberapa tips olahraga yang bisa dilakukan untuk memperoleh berat badan ideal. Tetapi faktanya, tak banyak orang yang mengetahui apa yang harus dilakukan selain olahraga. Mengurangi porsi makan bahkan tidak makan sama sekali sering dilakukan untuk menurunkan bobot tubuhnya. Alih-alih memperoleh badan ideal, Anda malah jatuh sakit.

Tips Olahraga dan Diet untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Diet sehat bukanlah diet yang membuat Anda sakit, namun diet yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, bila ingin menurunkan berat badan, lebih baik Anda mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi. Seimbangkan makanan yang Anda konsumsi dengan olahraga.

Tips Olahraga Dalam Diet Sehat

Pertambahan usia bahkan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat serta menyebabkan perut menjadi buncit. Melakukan olahraga secara teratur bisa membakar kalori serta memperkuat otot yang lemah. Olahraga yang dilakukan dengan rutin bisa membantu menjaga kesehatan, menurunkan risiko penyakit dan meningkatkan kebugaran tubuh. Bukan hanya itu, melakukan olahraga secara rutin bisa meningkatkan keseimbangan jangkauan gerakan serta menguatkan tulang.

Berikut beberapa tips olahraga yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Berjalan kaki. Jalan kaki bisa membuat tulang menjadi semakin kuat dan tekanan darah juga menjadi lebih stabil. Berjalan kaki pun menjauhkan Anda dari serangkaian penyakit.
  • Berenang. Berenang ternyata juga baik bagi kesehatan sendi, dengan melakukan olahraga ini, Anda juga bisa mengecilkan bagian paha dan betis.
  • Latihan kekuatan. Sebenarnya, angkat beban juga menjadi latihan kekuatan yang dapat dilakukan. Saat mencoba mengangkat beban, cobalah dengan mulai mengangkat beban yang ringan sampai berat, selain itu sesuaikan dengan batas kemampuan berdasarkan anjuran dokter. Latihan ini bisa membantu proses pembakaran kalori.
  • Senam kegel. Senam kegel dapat membantu memperkuat otot dasar panggul. Otot dasar panggul yang kuat ini memiliki peran menurunkan risiko berkembangnya kondisi inkontinensia urine.

Baca juga Tips Olahraga Air Berenang yang Aman untuk Ibu Hamil

Aktivitas Penunjang Olahraga

Selain melakukan tips olahraga di atas, ada beberapa gaya hidup sehat yang harus Anda ikuti, seperti:

  • Hindari mengkonsumsi minuman berakohol. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, alkohol memiliki kalori yang tinggi. Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah besar bisa membuat bobot tubuh menjadi semakin besar.
  • Hindari makanan cepat saji. Camilan atau makanan cepat saji juga harus dihindari. Anda dapat menggantinya dengan camilan yang sehat seperti yoghurt dan buah-buahan.
  • Atur pola makan dengan baik. meskipun sedang diet, jangan lupa memberikan asupan nutrisi bagi tubuh seperti mineral, protein dan vitamin. Bila Anda tidak mengatur pola makan, atau bahkan hingga tidak makan apapun, bobot tubuh mungkin akan turun, namun setelah itu akan naik dengan drastis kembali. Jadi, jangan lupa mengatur pola makan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>