Tips Olahraga Berenang Bagi Pemula yang Bisa Anda Terapkan

Renang merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang memang dapat memberi manfaat yang baik bagi kesehatan serta kebugaran tubuh kita. Bagi Anda yang memang terbilang takut dengan kedalaman sebuah air, hal tersebut kini agaknya harus Anda hilangkan mengingat besarnya manfaat olahraga renang ini. Selain dapat digunakan sebagai aktifitas untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga renang juga dapat digunakan sebagai sebuah bekal keselamatan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, yang terkait dengan adanya air didalam hal tersebut. Bagi Anda yang memang belum memahami dengan seksama teknik-teknik dalam melakukan olahraga ini, berikut ini beberapa tips olahraga renang yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai pedoman ataupun referensi dalam melakukan olahraga tersebut.

Sebelum melakukan olahraga berenang, bagi Anda yang tergolong sebagai pemula ataupun telah menguasai teknik dasar dalam berenang, wajib hukumnya bagi Anda untuk melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu, agar nantinya otot-otot pada tubuh tidak menjadi kaget dan terjadi peregangan. Pemanasan dengan menggerakkan berbagai anggota gerak pada tubuh dapat Anda lakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit, sebelum pada akhirnya Anda benar-benar melakukan gerakan dalam berenang.

Baca juga: Jenis dan Tips Olahraga Menjaga Kesehatan Tulang

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebagai tips olahraga berenang bagi pemula, antara lain adalah:

  • Latih lah mental Anda terlebih dahulu untuk berani terjun ke air, hal kecil untuk melatih keberanian Anda tersebut, dapat Anda lakukan dengan terlebih dahulu mencelupkan kaki Anda kedalam kolam dengan ketinggian yang dapat terjangkau, dan gerakan kaki Anda, agar nantinya terbiasa dengan gerakan dalam berenang.
  • Latih lah diri Anda terlebih dahulu untuk terbiasa berjalan didalam air dengan kedalaman yang mencapai batas leher Anda, agar nantinya Anda dapat menjaga keseimbangan pada saat melakukan gerakan berenang.
  • Latih lah diri Anda dalam hal pernapasan, dimana Anda dapat mencobanya dengan cara menenggelamkan kepala kedalam air dan menahan naps, kemudian tariklah kepala ke atas dalam hitungan beberapa detik sesuai dengan kekuatan dan kemampuan Anda.
  • Gerakan meluncur merupakan latihan awal bagi Anda untuk mengenal gerakan dalam berenang, sehingga Anda harus mengenalnya terlebih dahulu.

Setelah Anda menguasai gerakan meluncur, pastikan Anda mengikuti gerakan tersebut, dengan menggerakkan anggota gerak badan seperti kaki dan tangan sesuai dengan gerakan renang pada umumnya. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang hingga Anda benar-benar menguasainya, dan dapat melakukan gerakan tersebut dengan jarak yang lebih jauh. Gerakan dasar berenang yang telah Anda kuasai ini merupakan dasar untuk pengembangan gerakan renang lainnya.

Sebagai sebuah tips olahraga yang terakhir, akan lebih baik jika Anda tidak benar-benar menguasai gerakan dalam berenang, untuk mengajak seorang yang lebih handal ataupun pelatih ketika melakukan gerakan renang dengan kedalam tertentu pertama kalinya. Pastikan bahwa Anda tidak sendiri ketika berenang, agar nantinya ada orang yang melihat ataupun menolong Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>