Tips Olahraga Air Berenang yang Aman untuk Ibu Hamil

Kehamilan tentu menjadi kabar gembira bagi setiap wanita yang sudah menantikan memiliki buah hati. Tentunya ketika hamil, Anda selalu ingin menjaga agar kehamilan tersebut senantiasa bisa sehat dan juga lahir dengan lancar. Dalam masa kehamilan tentu porsi makan yang cukup dan semua makanan wajib bergizi. Selain itu jangan lupa olahraga juga. Jika Anda bosan olahraga di sanggar Ibu hamil, maka bisa juga dengan olahraga air, misalnya berenang.

Tips Olahraga Air Berenang yang Aman untuk Ibu Hamil

Berenang memang menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Tak hanya untuk orang biasa, wanita hamil juga bisa berenang demi menyegarkan diri. Meski diperbolehkan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Ibu hamil yang ingin berenang seperti:

  • Hal pertama adalah dengan tahu kondisi kesehatan Anda dan janin. Untuk tahu secara mendalam, maka ada baiknya juga untuk bisa cek ke dokter kandungan dan meminta izin jika ingin berenang sehingga lebih mantap.
  • Pilih kolam renang terawat (bukan kolam umum) dimana kebersihannya lebih terjamin serta dengan kondisi yang bagus sehingga bisa meminimalisir resiko.
  • Waspada ketika masuk ke dalam kolam dan perhatikan pijakan Anda. Jangan mencoba untuk melompat ke dalam air ketika olahraga air seperti ketika Anda tak hamil karena ada banyak resiko terpeleset hingga bahaya lainnya.
  • Hindari berenang di kolam yang suhunya rendah karena hal ini mampu memberikan gangguan di sistem sirkulasi darah ke janin karena suhu rahim yang berbanding terbalik.
  • Waktu berenang disarankan tidak lebih dari jam 10 ketika pagi atau tak lebih dari jam 5 saat sore.
  • Hindari makan dengan porsi besar sebelum berenang karena akan mengganggu aktivitas berenang Anda. Lebih disarankan untuk bisa konsumsi buah sebelum berenang dibanding makanan berat.
  • Banyak gaya dalam berenang, namun untuk Ibu hamil lebih disarankan menggunakan gaya dada dalam berenang lantaran gerakannya lebih pelan dan juga baik dalam persiapan persalinan.
  • Jika Anda tak bisa berenang, maka bisa juga dengan rileks berendam di dalam kolam. Untuk tinggi airnya disarankan agar tidak melebihi dada.
  • Untuk waktu berenang jangan sampai terlalu lama, namun lebih baik hanya sekitar maksimal 30 menit saja karena tidak baik juga jika harus berendam hingga waktu lama di suhu rendah.
  • Jangan juga melakukannya terlalu sering dan usahakan untuk hanya lakukan maksimal 3 kali per minggunya.
  • Hindari terlalu lelah ketika akan berenang karena hal ini bisa menjadikan kondisi Anda kurang baik nantinya.

Baca juga Jenis Olahraga Air yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Itulah beberapa tips bagi para Ibu hamil yang ingin olahraga air yakni berenang. Berenang tentu sangat menyenangkan sehingga Anda tak harus menghindarinya meski sedang dalam kondisi hamil.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>