Tips Menulis Artikel Olahraga yang Bernas dan Berisi

Olahraga sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Berbagai terobosan  yang dilakukan dalam bidang olahraga membuat olahraga kini sudah menjadi gaya hidup bahkan mampu berkembang menjadi industri. Banyak sekali industri yang berkaitan dengan olahraga, mulai dari fashion, pengadaan olahraga, hingga media. Media merupakan salah satu faktor yang memiliki andil besar dalam mengorbitkan olahraga sebagai sebuah industri. Media tidak hanya menjadi alat untuk menyebarkan berita, namun lebih jauh lagi menjadi alat propaganda yang membuat olahraga semakin populer di kehidupan masyarakat. Tidak hanya berita, media juga menayangkan berbagai artikel yang berisi analisis dan data seputar olahraga, sehingga masyarakat khususnya yang menggemari olahraga akan semakin dekat dengan olahraga yang mereka gemari. Berikut ini akan diulas mengenai tips menulis artikel olahraga untuk penulis pemula.

Artikel yang Kaya Data dan Informasi

Hal utama yang dicari dan dibutuhkan pembaca ketika membaca artikel olahraga adalah data dan informasi. Mereka selalu harus akan data dan informasi terbaru. Artikel yang miskin data dan informasi akan membuat pembaca akan kecewa. Untuk itu, dalam menulis artikel tentang olahraga, kita perlu menyiapkan data sebanyak mungkin tentang tema yang akan kita bahas. Kalau perlu, kita juga harus mencari data pembanding untuk data tambahan agar data yang kita peroleh dan kita olah tidak hanya dari satu sisi atau satu sudut pandang. Semakin kaya sudut pandang yang kita kemukakan dan kita uraikan mengenai sebuah tema, maka akan semakin bervariasi pula data dan informasi yang didapatkan oleh pembaca.

Analisis yang Baik

Selain data, hal yang paling penting dalam artikel mengenai olahraga adalah analisis. Data tanpa analisis akan sia-sia dan hambar. Data tanpa analisis hanya akan menjadi statistik yang kaku. Untuk itu, penulis artikel perlu menganalisis data yang diperoleh. Dalam melakukan analisis data, hal yang sangat mempengaruhi hasil adalah sudut pandang. Penulis hendaknya menempatkan dirinya sebagai pengamat, bukan sebagai pendukung atau penggemar, sebab posisinya akan berat sebelah dan memihak. Hindari kalimat analisis yang menampakkan dukungan kepada suatu pihak yang dibahas dalam artikel, sebab tulisan tidak akan jernih lagi jika ada keberpihakan.

Prediksi atau Kesimpulan

Pembaca akan selalu menunggu kesimpulan atau prediksi dari si penulis artikel yang membahas suatu permasalahan. Dalam menyusun prediksi atau menyimpulkan suatu data, penulis tidak boleh bertindak sebagai peramal yang hanya menawarkan atau menebak suatu hasil tanpa adanya analisis. Dalam setiap pendapat, prediksi atau kesimpulan diperoleh dari data yang sudah dianalisis. Semakin kaya data, dan semakin baik analisisnya, maka kesimpulan atau prediksinya akan semakin mendekati kenyataan atau valid.

Itulah beberapa tips dan faktor yang dipertimbangkan dalam menulis artikel olahraga. Faktor yang terpenting dalam meningklatkan kualitas tulisan adalah banyak membaca artikel-artikel dari penulis yang sudah terkenal dan sering berlatih. Banyak membaca dan latihan akan meningkatkan kualitas sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>