Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Sesuai Untuk Anda

Olahraga merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang yang ingin mendapatkan tubuh yang sehat bugar. Setiap jenis olahraga ada piranti penunjangnya. Salah satu penunjangnya adalah sepatu, sepatu olahraga berfungsi sebagai pelindung kaki serta sebagai penunjang kegiatan olahraga yang dilakukan.

Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Sesuai Untuk Anda

Seperti halnya olahraga sepakbola kalau ingin memainkannya harus memakai sepatu yang mempunyai pul di bawahnya, agar tidak terpeleset saat lari di atas rumput. Kemudian ada sepatu hoki yang berbentuk lempengan besi di bawahnya dengan fungsi agar bisa meluncur di atas es yang beku.

Nah untuk Anda yang berolahraga lebih dari tiga kali dalam seminggu patut memperhatikan sepatu Anda agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu berikut akan saya paparkan beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli sepatu baru di toko.

  • Memilih toko sepatu yang terpercaya

Banyak toko sepatu yang beredar di pinggiran jalan, namun dalam pemilihan toko ini Anda harus cermat. Karena kredibilitas toko sepatu biasanya ditunjukkan oleh pelayanan pegawainya yang ramah dan bisa menawarkan model – model sepatu sesuai selera pelanggannya.

  • Bawa kaus kaki dari rumah

Ngapain sih repot – repot bawa kaus kaki segala? Nah kita kan mau nyari sepatu olahraga yang nyaman untuk kita pakai, selain berdasarkan pada kualitas dan merknya saja. Anda bisa mencoba – coba sepatu sekalian memakai kaus kaki dan gunakan untuk berjalan beberapa langkah, apakah sudah nyaman atau belum.

  • Beli sepatu pada saat kaki berada di posisi maksimal

Maksud dari tulisan di atas adalah setiap ukuran serta massa tubuh manusia selalu berubah – ubah setiap saatnya. Ada kalanya mencapai titik maksimal dan ada pula saat berada pada titik minimal.

Nah kalau kaki akan mencapai titik maksimalnya yaitu pada saat malam hari. Karena setelah siangnya habis digunakan untuk beraktivitas. Jadi Anda bisa menyesuaikan ukuran sepatu Anda pada saat ia mencapai titik maksimalnya.

  • Jangan percaya anggapan publik

Jangan percaya anggapan orang bahwa sepatu akan nyaman saat sudah lama dipakai, hal ini tak sepenuhnya benar loh. Setiap barang pasti akan mengalami penurunan kualitas, dan tentunya juga mengalami penurunan kenyamanan. Jadi alangkah baiknya kalau Anda ingin membeli sepatu, carilah yang nyaman sekalian jangan nunggu nanti kalau sudah lama dipakai.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

  • Hindari sepatu yang pas

Kenyamanan sepatu juga dipengaruhi oleh ukurannya. Sepatu yang nyaman tidak ngepress dengan ukuran kaki si pemakai. Jadi Anda bisa memilih ukuran sepatu yang lebih besar sedikit dari ukuran kaki Anda. Ya normalnya ada sisa sedikit minimal satu centimeter dari ujung hari kaki dan juga tumit.

Sepatu olahraga biasanya memiliki masanya tersendiri, artinya sepatu akan mengalami penurunan fungsi dan juga kualitas setelah menempuh periode pemakaian tertentu. Untuk sepatu olahraga biasanya akan mulai tidak nyaman setelah digunakan lebih dari enam bulan, 300 jam untuk aerobik dan sekitar 480 – 800 km untuk sepatu lari.

Selamat memilih sepatu olahraga kesukaan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>