Tips Memilih Sepatu Lari Yang Tepat

Memilih sepatu lari tidak bisa sembarangan, karena dengan menggunakan sepatu yang di desain khusus lari akan memaksimalan performa saat olahraga. Sepatu menjadi peralatan yang paling berpengaruh karena saat berlari semua dinamika seperti berat tubuh, dorongan ke depan ditanggung oleh kaki. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan sepatu khusus untuk lari.

Sesuaikan Dengan Jenis Kaki

Sebelum membeli kenali jenis kaki Anda terlebih dulu. Ada tiga jenis kaki yang pertama adalah kaki datar, kaki tinggi melengkung dan kaki normal. Berikut penjelasannya:

  • Kaki datar (flat feet) membutuhkan sepatu yang dapat mempertahankan stabilitas. Cari sepatu yang terdapat kata-kata ‘stability’ dan ‘motion control’ di kotak sepatu. selain itu tipe kaki ini perlu menggunakan alas kaki yang dibuat berdasarkan bentuk kaki masing-masing atau disebut dengan istilah orthotics.
  • Kaki melengkung (high arched feet) membutuhkan sepatu yang fleksibel dengan midsole yang lebut yang menyerap shock. Pilih sepatu yang ada kata-kata di kotak sepatunya “fleksibel’ atau ‘empuk’
  • Kaki normal (normal feet) dapat menggunakan berbagai jenis sepatu lari. Namun sebaiknya hindari menggunakan sepatu yang stability atau motion control yang terlalu tinggi.

Sesuaikan Dengan Ukuran Kaki

Pastikan Anda mengetahui panjang dan lebar kaki, karena dengan mengetahui ukuran kaki bisa lebih memudahkan Anda mencari sepatu yang tepat. Saat berlari, kaki membutuhkan ruang gerak paling tidak ½ cm. Jadi, sebaiknya pilih sepatu yang tidak terlalu sempit ataupun pas.

Kriteria Sepatu

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan sepatu itu sendiri, diantaranya adalah:

  • Bahan peredam impuls: fungsinya untuk menghindari cidera akibat besarnya tegangan saat berlari.
  • Berat: semakin ringan sepatu, maka semakin cepat Anda berlari. Namun menilai berat yang ideal harus disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Sepatu ringan cocok untuk jarak dekat sekitar 5km. sedangkan untuk jarak menengah bisa pilih sepatu yang beratnya tidak terlalu ringan.
  • Kelenturan: sepatu memiliki sifat menyerap energi gerak dalam besaran tertentu. Pada waktu kaki melangkah ke belakang maka sepatu akan menekuk. Jika sepatu kurang lentur maka akan mengeluarkan banyak energi dan memperlambat kecepatan berlari. Jadi sebaiknya sebelum membeli, coba tes kelenturan sepatu dengan cara menekuknya. Apabila semakin kuat hentakan balik maka semakin lentur sepatu tersebut.
  • Ventilasi: suhu yang terlalu panas bisa mengakibatkan kaki tidak nyaman, jadi pilih sepatu yang memliki ventilasi baik agar tidak mengganggu performa Anda.

Itulah tips memilih sepatu lari yang tepat. semoga dengan ulasan tips tersebut dapat membantu Anda menentukan sepatu mana yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan dan menunjang performa lari Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>