Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat

Bagi penggemar olahraga, sepatu lari merupakan salah satu perangkat yang harus dimiliki agar bisa berolahraga dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, memilih sepatu haruslah tepat, dan berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan sepatu yang cocok untuk berolahraga lari:

Baca juga: MODEL SEPATU LARI WANITA & PRIA PALING BARU 2017

  1. Permukaan Berlari

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu adalah memperhatikan permukaan berlari. Permukaan berlari seperti apa yang biasanya dilalui? Apakah, aspal, treadmill, atau permukaan berbatu, karena ini juga mempengaruhi jenis sepatu sepetri apa yang akan digunakan. Misalnya, untuk permukaan keras seperti aspal, maka biasanya menggunakan jenis sepatu road-running yang memiliki bantalan peredam benturan sehingga langkah penggunanya tetap stabil. Sedangkan untuk permukaan berlumpur dan berbatu, menggunakan sepatu trail-running yang memiliki sol anti slip. Berbeda lagi jika berlari di tempat kebugaran atau gym, maka sepatu yang digunakan adalah cross-training.

  1. Jenis dan Style Lari

Orang yang berlari memiliki gaya yang berbeda-beda, apakah untuk lari sprint atau lari jarak jauh. Untuk setiap jenis atau gaya lari, biasanya produsen memiliki jenis sepatu yang berbeda-beda. Bagi pelari pemula sebaiknya memilih speatu yang memiliki bantalan empuk dan lembut, berbeda lagi dengan pelari profesional yang butuh sepatu ringan dan mempunyai bantalan sehingga bisa memberikan dorongan

  1. Bentuk Kaki

Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda yang mana berpengaruh pada bagian kaki ketika berbenturan dengan permukaan. Untuk menentukan jenis kaki ada caranya, yaitu dengan membasahi kaki, kemudian tinggalkan jejak pada permukaan yang kering. Apabila bingung, bisa meminta bantuan pegawai toko sepatu.

  1. Berat Badan

Ketika memilih sepatu, jangan lupa untuk memeprtimbangkan berat badan, apabila tubuh semakin berat, maka benturan kaki dan permukaan tanah akan semakin besar. Benturan yang besar akan dapat diredam menggunakan bantalan sepatu yang tepat. Bagi pemilik badan yang berat, maka pilih sepatu dengan tumit kuat sehingga stabilitas tubuh dan sol sepatu responsif dan tidak terlalu menekan.

  1. Membeli Sepatu di Sore Hari

Sebaiknya membeli sepatu lari di sore hari, hal ini karena kaki cenderung lebih besar saat sore hari setelah melakukan beragam aktifitas. Atau bisa juga membeli sepatu usai berolahraga atau berlari sehingga kaki akan memiliki ukuran yang lebih besar.

  1. Beli Ukuran Lebih Besar

Untuk menghindari lecet ketika berolahraga, sebaiknya beli sepatu yang memiliki ukuran lebih besar sehingga ruang pada kaki lebih luas.

  1. Kenyamanan yang Utama

Saat membeli sepatu, jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan, karena sepatu tentunya akan digunakan dalam waktu yang lama. Olaharag yang nyaman tentunya akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Itulah beberapa tips untuk memilih sepatu lari yang tepat sehingga bisa membuat olahraga semakin bersemangat dan membuat raga semakin sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>