Tips Memilih Jenis Olahraga Untuk Anak

Memiih jenis olahraga menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan bagi siapa saja dan bahkan tidak melihat usia agar mendapatkan kenyamanan serta manfaat dari olahraga yang anda lakukan dan tekuni. Semakin rajin anda berolahraga semakin baik kebugaran dan kesehatan tubuh anda, banyak yang beranggapan jika olahraga hanya menghabiskan waktu saja. Namun berbeda yang sudah melakukan secara rutin dan konsisten.

Tips Memilih Jenis Olahraga Untuk Anak

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan aktifitas ini dari anak-anak sebaiknya sudah diajarkan dengan hidup yang sehat menjaga kesehatan tubuh juga sebagai salah satu kewajiban umat manusia, anda sebagai salah satu orang tua harus memiliki banyak referensi agar dapat membantu serta memilihkan jenis olahraga apa yang sesuai dengan usia anak .

Nah sebelum anda memastikan olahraga apa yang tepat kami memberikan sejumlah tips sebagai bahan pertimbangan orangtua, diataranya sebagai berikut:

  • Melihat Keaktifan anak

Setiap anak memiliki tingkat keaktifan berbeda anda tidak boleh menyamakan dengan teman seusianya atau terlalu percaya diri dengan anak anda, selain itu anda harus teliti kesukaan anak itu apa. Jangan sampai memaksakan untuk salah satu cabang olahraga karena itu akan menyebabkan bosan, trauma dan cidera. Jika anda aktif dan memiliki tanaga yang cukup kuat anda bisa memilih jenis olahraga seperti sepakbola dan basket.

  • Perhatikan postur tubuh

Meski dalam langkah ini tidak berlaku semua olahraga namun postur tubuh juga sebagai pertimbangan agar anda tidak memaksakan diri, misalkan anak anda memiliki tubuh bongsor olahraga basket, volli dan sepakbola bisa sebagai pilihan.

Jika memiliki tubuh kecil sebaiknya anda memilih olahraga lari akan lebih handal.

  • Memilih pelatih yang tepat

Pelatih bisa menjadi faktor yang penting bisa menjadi lebih dan juga bisa menjadi passion anak anda hilang karena salah dalam sistem yang diterapkan pelatih tersebut. Selain itu anda juga harus memperhatikan metode yang digunakan agar si pelatih tidak kesulitan dalam membangun karakater anak agar serius dalam berlatih.

  • Perhatikan kepribadian anak, Individu atau Berkelompok

Melatih anak untuk bersosialisasi salah langkah yang baik, namun itu tidak berlaku dalam berbagai cabang tertentu dalam berolahraga. Sebaiknya lihat karakter anak apakah dia memiliki team work yang bagus atau justru individunya yang bagus, nah dengan demikian anda mempertimbangkan kembali jenis olahraga seperti tenis dan bulutangkis dan karate sebagai pilihan untuk usia anak.

Baca juga Jenis Olahraga Air yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Dengan berbagai tips tersebut bisa anda jadikan bahan pertimbangan, namun ingat jangan dipaksakan untuk memilih satu jenis olahraga terkadang juga anak tidak suka dengan olaharaga nah ini yang harus orangtua pahami, semoga menjadi refrensi terbaik dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>