Tips Jogging Agar Tidak Mudah Capek

Jogging merupakan olahraga yang tidak membutuhkan keahlian khusus dan dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa batasan usia. Karena setiap orang sejatinya bisa berlari. Agar saat melakukan olahraga tidak mudah capek, Anda harus mengetahui tips jogging.

Tips Jogging Agar Tidak Mudah Capek

Ada beberapa tips jogging yang dapat Anda coba sewaktu berolahraga lari. Begitu banyak manfaat olahraga lari yang bisa Anda dapatkan dan berikut ini tips agar kuat berlari dan tidak mudah capek.

  • Melakukan Pemanasan Sebelum Berlari

Setiap olahraga tentunya memerlukan pemanasan untuk menghindari cedera. Pusatkan pemanasan pada otot paha bagian belakang karena bagin tersebut menentukan kekuatan Anda ketika berlari. Pemanasan harus disertai gerakan high knees dan walking lunges dalam waktu minimal 15-30 menit.

  • Latihan Pendukung Agar Kaki Semakin Kuat

Bukan hanya melatih kekuatan otot paha belakang, namun Anda juga harus melatih kekuatan otot punggung melalui plank exercise, serta melatih otot pinggul dengan melakukan gerakan stability ball hip extension yang memerlukan sebuah bola pilates,.

  • Menambahkan Durasi Lari Setiap Hari

Apabila Anda berlari untuk mengikuti sebuah kompetisi, maka Anda harus berlatih lari setiap hari minimal sekitar 30 menit. Tujuan latihan ini untuk membuat fisik Anda kuat saat berkompetisi. Tambah durasi lari Anda secara bertahap setiap hari, hal ini cukup efektif untuk membuat Anda lebih kuat berlari.

  • Hindari Berjalan Cepat

Setelah berlari dan mulai merasa kelelahan, Anda akan mengurangi kecepatan dan berganti dengan jalan cepat. Perlu Anda ketahui bahwa dengan berjalan cepat justru akan membuat Anda lebih capek dan nafas pun menjadi terengah-engah. Sebaiknya setelah mengurangi kecepatan,usahakan untuk tetap berlari kecil.

  • Pace Secara Bertahap

Jika Anda ingin menunjukkan kemampuan Anda berlari sehingga langsung menaikkan tempo berlari ke batas maksimal Anda, hal ini justru akan membuat Anda lelah pada saat pertengahan hari. Pace merupakan kecepatan berlari, sebaiknya Anda meningkatkan pace ini secara bertahap.

  • Menggunakan Langkah Pendek

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jepang menyatakan bahwa lari dengan langkah pendek akan membuat tenaga yang terpakai oleh Anda lebih sedikit dibandingkan lari dengan langkah panjang. Sehingga Anda tidak mudah merasa capek dan membuat lari menjadi lebih cepat serta mengurangi risiko cedera.

  • Mengatur Asupan Cairan yang Masuk ke Dalam Tubuh

Tips jogging yang terakhir yaitu mengatur asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh sebelum berlari, sebaiknya 1 jam sebelum lari minumlah 2-4 glas air putih. Kemudian sebelumberlari minum kembali 1/2 – 1 gelas air putih. Hal ini dapat menjaga tubuh Anda agar tidak terjadi dehidrasi pada saat melakukan olahraga lari.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Nah, itulah beberapa tips jogging yang dapat Anda lakukan agar tidak mudah capek dalam berolahraga. Lakukan olahraga dengan rutin agar Anda dapat hidup dengan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>