Tips Cermat Belanja Imlek Agar Tidak Selalu Habis

Berikut ini adalah tips cermat saat belanja di perayaan imlek agar uang tidak cepat habis banyak.

Di jalanan saat ini sudah bisa banyak sekali terlihat pernak pernik beserta hiasan untuk sambut tahun baru Imlek. Ya, hal ini lantaran tahun baru Imlek sebentar lagi tiba sehingga mereka yang merayakannya sudah bersiap sejak saat ini. Tahun baru Imlek merupakan tahun baru Cina dengan kalendernya sendiri. Masyarakat Tionghoa selalu antusias dalam merayakan tahun baru Imlek ini dengan pengharapan yang baru. Tak heran jika belanja Imlek selalu jadi momen yang menyenangkan.

Belanja di waktu Imlek kadang kerapkali membuat lupa diri. Hal ini lantaran banyak sekali hal yang harus dibeli dan juga dipersiapkan sehingga memang membuat Anda harus menata keuangan dengan baik dalam hal ini. Selain itu karena banyaknya promo dan diskon spesial maka menjadikan budget pembelanjaan bukannya hemat malah justru bengkak karena kalap akan diskonnya. Tentunya hal ini akan merugikan Anda.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda bisa lebih mengontrol diri dalam berbelanja sehingga bisa tetap hemat dengan beberapa tips berikut ini:

1. Belanja kuliner

Ketika Imlek, hal pertama yang pastinya terlintas adalah tentang kulinernya. Ya, merayakan tahun baru Imlek pastilah penuh dengan makanan sehingga belanja untuk kuliner Imlek sangat jadi prioritas. Dalam hal ini untuk menghemat Anda bisa belanja semua bahannya di pasar dan memasaknya sendiri dalam jumlah besar, tak perlu membeli di restoran atau katering karena harganya lumayan selisih. Namun jika memang Anda ingin makan di luar bersama keluarga, maka bisa juga dengan makan di resto yang sedang adakan promo misalnya dengan promo kartu kredit.

2. Belanja baju

Belanja Imlek tidak akan bisa dilepaskan dari pakaian baru. Entah sejak kapan baju baru ini jadi tradisi Imlek sehingga hingga kini semua orang seolah mengikutinya. Bagi Anda yang ingin membeli baju baru beserta seluruh keluarga, maka usahakan membelinya agak jauh dari waktu Imlek. Hal ini lantaran ketika jelang Imlek, barang Imlek biasanya justru harga dinaikkan sehingga butuh keluarkan uang lebih. Belanja baju bisa dari dua bulan atau sebulan menjelang Imlek sehingga harga masih stabil.

3. Belanja pernak pernik

Tentunya Imlek tidak akan bisa dilepaskan dari segala pernak-perniknya. Memang demikian, namun Anda jangan sampai terlalu berlebihan dalam membeli pernak-pernik Imlek mengingat hanya dipakai sementara saja. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa menggunakan pernak-pernik Imlek tahun lalu. Jika membeli yang baru, usahakan setelah selesai langsung disimpan kembali sehingga tahun depan tak perlu beli lagi. Anda bisa membeli segala hiasan untuk Imlek di situs belanja online karena banyak promo tersedia.

4. Pengeluaran liburan

Biasanya Imlek tak hanya sebagai waktu untuk diam di rumah atau berkunjung ke keluarga saja, namun juga waktu untuk Liburan. Jika memang Anda sudah rencanakan liburan untuk Imlek di jauh hari maka akan bagus karena semua persiapannya bisa dilakukan sejak lama. Namun jika Anda persiapan mendadak, maka jangan kaget jika Anda akan keluarkan uang banyak untuk tiket pesawat hingga hotelnya.

Pada dasarnya belanja Imlek atau belanja harian pun tidak ada bedanya. Bedanya hanya pada hari spesial dan tidak saja. Yang jelas untuk aturan berbelanja sendiri haruslah cermat. Jika perlu catat semua kebutuhan Anda selama Imlek tersebut sehingga bisa lebih terkontrol antara apa yang harus dibeli dan juga yang tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>