Tipe Permainan Softball (Sofbol) dan Perbedaannya dengan Baseball (Bisbol)

Softball atau sofbol merupakan olahraga bola beregu yang melibatkan 2 tim. Permainan sofbol ini lahir di USA tepatnya di Chicago, penciptanya adalah George Hancock pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga yang sejenis, yaitu baseball (bisbol) atau hardball. Nah, berikut ini ada 3 tipe permainan sofbol yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Olahraga Softball

  • Fast pitch.

Merupakan permainan yang ditentukan oleh kekuatan pitcher (pelempar bola). Pitcher harus melempar bola dengan kecepatan maksimum sama seperti pada permainan bisbol. Perbedaannya terletak pada gaya lempar pitcher dan pelepasan bola. Pelepasan bola harus di bawah ataupun sejajar dengan posisi glove (sarung tangan). 

  • Modified pitch.

Atau yang lebih dikenal dengan sebutan modball. Permainan ini bertujuan untuk melunakkan aturan-aturan yang dipergunakan di kategori fast pitch sehingga para pemain yang belum terbiasa, tak akan terkejut dengan segala peraturan yang ketat pada permainan sofbol seperti strike zone, lamanya permainan, jarak antar base dan lain sebagainya. Kecepatan dalam hal melempar bola pada permainan modball harus berada di tengah-tengah fast dan slow pitch. Kecepatan bola terbatas hanya pada putaran lengan melebihi bahu artinya tidak diputar 180 derajat atau 360 derajat. 

  • Slow pitch.

Pada permainan slow pitch ini, memberikan kemudahan bagi si pemukul bola (batter) dalam hal memukul bola softball. Pitcher harus melempar secara pelan melambung. Tipe ini seringkali dimainkan pada komunitas sosial layaknya sebuah kompetisi, tanpa ada batasan umur dan gender. 

Sekilas, permainan sofbol dengan bisbol seperti tidak ada bedanya. Karena sama-sama menggunakan bola, tongkat dan sarung tangan (gloves). Namun ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya, kurang lebihnya seperti berikut ini: 

  • Bisbol hanya dimainkan oleh para pria saja. Sedangkan sofbol dapat dimainkan oleh pria maupun wanita dan tanpa dibatasi umur.
  • Bola sofbol lebih besar beberapa inchi dari bola bisbol yang mana hanya seukuran bola tenis lapangan.
  • Cara melempar pada kedua permainan ini juga berbeda. Jika sofbol dilempar dari bawah ke atas, sedangkan baseball lurus dan ke atas ke arah batter.
  • Ukuran lapangan sofbol ternyata lebih kecil daripada lapangan baseball.
  • Area pelempar bola/pitcher pada olahraga baseball terdapat pijakan berupa gundukan tanah (mount), sedangkan gundukan ini tidak ada pada permainan sofbol. Namun keduanya sama-sama memiliki plate (base yang berbentuk persegi panjang) sebagai tempat untuk pitcher.
  • Pada permainan baseball, saat akan melempar, pitcher hanya boleh meletakkan satu kakinya pada plate (piringan) sedangkan bagi pelempar bola dalam permainan softball justru diharuskan untuk menaruh kedua kakinya pada plate tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>