Ternyata Inilah Penyebab Olahraga Rutin Anda Tidak Membuahkan Hasil

Anda mungkin pernah melakukan olahraga rutin dengan teman, namun hasil yang Anda dan teman peroleh berbeda. Padahal, jenis olahraga yang dilakukan sama. Tidak hanya itu, durasi atau lama waktu untuk berolahraganya pun juga sama. Tetapi justru teman Anda terlebih dahulu yang menerima hasilnya Sedangkan Anda belum terlihat perubahan yang berarti. Kira-kira mengapa hasil dari olahraga yang dilakukan masing-masing orang berbeda?

Ternyata Inilah Penyebab Olahraga Rutin Anda Tidak Membuahkan Hasil

Kenapa olahraga rutin tidak membuahkan hasil?

World Health Organization dan Kementerian Kesehatan RI, menyarankan untuk orang dewasa sebaiknya melakukan olahraga rutin minimal 30 menit per hari atau 150 menit per minggu. Meskipun semua orang melakukannya dengan rutin –termasuk Anda- namun jangan mengharapkan hasil yang sama antara Anda dengan orang lain.

Pada dasarnya, setiap tubuh mempunyai respon yang berbeda-beda terhadap olahraga yang dilakukan. Tentu saja Olahraga rutin dapat memengaruhi berbagai fungsi dan proses dalam tubuh. Namun, pengaruhnya pada setiap orang tidaklah sama.

Bahkan sebuah penelitian dari Jepang menyatakan bahwa terdapat beberapa orang yang memiliki jenis tubuh resisten atau kebal terhadap pengaruh aktivitas fisik, termasuk di dalamnya olahraga rutin. Hal tersebut berkaitan dengan gen yang dimiliki. Pada penelitian lain, disebutkan bahwa setiap orang mempunyai perbedaan kadar hormon sehingga memengaruhi bagaimana lemak akan dibakar oleh tubuhnya. Proses tersebutlah yang membuat perbedaan jumlah lemak yang dibakar pada setiap orang meskipun jenis dan waktu olahraga yang dilakukan sama.

Baca juga: Manfaat yang Didapatkan dengan Rutin Melakukan Latihan Kebugaran Jasmani

Gaya hidup juga memengaruhi respon tubuh terhadap olahraga rutin

Perlu digaris bawahi bahwa olahraga rutin saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang ditargetkan. Hal tersebut harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti pola makan teratur, istirahat cukup, tidak merokok dan sebagainya. Berbagai hal yang dapat menggagalkan Anda menerima hasil dari program olahraga rutin setiap hari adalah:

  • Pola serta porsi makan yang tidak dijaga. Bila olahraga dan pola makan tidak dilakukan dengan benar secara bersamaan, berat badan Anda kemungkinan justru akan naik. Bila Anda memang menginginkan keberhasilan program, segera sesuaikan waktu dan porsi makan Anda.
  • Bahan makanan yang dipilih kurang tepat. Olahraga rutin yang Anda lakukan akan percuma jika makanan yang Anda konsumsi tinggi lemak, gula, dan karbohidrat. Untuk itu, pandai-pandai lah memilih bahan makanan yang lengkap.
  • Kurang waktu tidur. Durasi tidur yang disarankan bagi orang dewasa saat malam adalah sekitar 7 jam. Jika Anda masih sering begadang maka bisa dipastikan olahraga rutin yang dilakukan akan sia-sia saja.
  • Terbiasa minum alkohol dan merokok. Olahraga rutin tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan. Jika Anda melakukannya untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai penyakit kronis, maka tentu saja Anda tidak akan mendapatkan hasil jika masih mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>