Taukah Kalian Tentang Perkembangan Dunia Olahraga Di Indonesia?

Perkembangan dunia olahraga di indonesia tidak bisa dipungkiri bahwa kian lama kian menunjukkan peningkatannya. Hal ini juga tidak terlepas dari perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin dinamis dan juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Dunia olahraga bisa dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa yang bisa merangkul berbagai kalangan , berbagai usia dan gender yang berbeda-beda. Banyak cabang olahraga yang telah menunjukan prestasi seperti sepak bola,bulu tangkis, ataupun cabang atletik lainnya.

Taukah Kalian Tentang Perkembangan Dunia Olahraga Di Indonesia?

Tapi taukah kalian bahwa ada sejarah panjang yang harus dilakoni negara Indonesia untuk bisa berjuang masuk ke dalam beberapa jenis pertandingan yang dilakukan secara internasional. Untuk menambah semangat dan kecintaan kalian pada dunia olahraga alangkah baiknya untuk melihat sejarah perkembangan dari tahun ke tahun berikut ini .

Pada tahun 1948 indonesia di tolak untuk mengikuti  olimpiade musim panas di inggris. Oleh karena itu indonesia memutuskan untuk membuat sendiri event olahraga yang diberi nama dengan Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan pertama kali di stadion Sriwedari, solo, jawa tengah. Kabar baik dalam dunia olahraga indonesia untuk melangkah ke internasional adalah keikutsertaan mereka dalam ajang asian games yang dilaksanakan di New Delhi India pada tahun 1951. Di tahun berikutnya yakni tahun 1952 negara kita juga berhasil untuk pertama kalinya mengikuti olimpiade musim panas ke XV di helsinki.

Baca juga: Merk Baju Olahraga Terbaik di Dunia

Tahun-tahun selanjutnya juga membawa angin segar bagi bangsa indonesia yakni keikutsertaan dalam olimpiade melbourne pada tahun 1956. Kemudian pada tahun 1962 Indonesia diberi kepercayaan dan kehormatan untuk bisa menjadi tuan rumah dari ajang bergengsi Asian Games IV untuk pertama kalinya.

Perkembangan dunia olahraga indonesia bukan hanya pada keikutsertaan saja tetapi para atlet juga mulai menunjukan prestasinya seperti pada tahun 1972 atlet angkat besi Charlie Depthios berhasil memecahkan rekor dunia pada olimpiade Muenchen. Pada tahun 1978 bulu tangkis mampu berjaya dengan memperoleh 4 medali emas pada ajang asian games ke-8. Selanjutnya pada tahun 1988 atlet kita juga menunjukan prestasi yang luar biasa yaitu menyabet medali pertama dalam olimpiade musim panas di seoul pada cabang olahraga beregu putri panahan.

Tahun-tahun selanjutnya cabang olahraga bulu tangkis banyak menyumbangkan prestasi dalam sektor putra ataupun putri. Bisa dibilang cabang ini lah yang memberikan raihan prestasi yang paling banyak untuk dunia olahraga di indonesia sampai sekarang.

Nah itu tadi sekilas perkembangan dari tahun ke tahun yang telah diperjuangkan oleh bangsa Indonesia, jadi sebagai masyarakatnya kita wajib untuk terus mendukung para penggiat olahraga dan atlet terlebih pada tahun ini akan ada event besar asian games dan asian para games akan di selenggarakan di sini, Semoga para atlet kita bisa meraih prestasi yang membanggakan bagi negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>