Tahapan yang Perlu Anda Pahami dalam Melakukan Olahraga Aerobik

Jika berbicara mengenai olahraga pasti akan banyak sekali jenisnya dari mulai yang biasa sampai dengan jenis yang besar dan membutuhkan alat besar. Jika untuk orang yang biasa, melakukan olahraga sendiri itu untuk membuat kondisi tubuh semakin segar dan sehat. Secara otomatis jenis apapun tidak menjadi masalah yang besar. Untuk para orang tua sendiri lebih cocok melakukan olahraga aerobik yang ringan dan sangat simpel. Saat ini berbagai tempat fitness juga menyediakan kelas aerobik dengan mendatangkan guru yang sudah ahli sebelumnya.

Tahapan yang Perlu Anda Pahami dalam Melakukan Olahraga Aerobik

Meskipun aerobic termasuk dalam olahraga yang mudah dilakukan tetapi tetap saja perlu aturan khusus untuk melakukannya. Umumnya ada beberapa tahapan yang perlu Anda pahami sebelum melakukan senam tersebut yaitu mulai dari pelurusan sendi tubuh, langkah dasar, gerakan dan musikalitas. Berikut ini sedikit ulasan mengenai beberapa tahapan tersebut yaitu:

  • Pelurusan sendi.

Ini merupakan gerakan yang didasari dengan memperkuat sendi-sendi tubuh Anda, inilah salah satu alasan kenapa aerobic sangat cocok untuk mereka orang dewasa. Untuk gerakan secara umum sendiri bisa sangat bermacam-macam mulai dari loncatan kecil, ayunan ataupun yang lainnya.

  • Langkah dasar.

Ini merupakan tahapan dimana yang merupakan gerakan pengembangan dari tahap sebelumnya. Dalam hal ini ada beberapa gerakan olahraga aerobik seperti jogging, knee lift, kick, jumping jack dan lainnya. Setiap gerakan yang dilakukan pada tahapan ini mempunyai fungsi yang sama yaitu memperkuat massa otot.

  • Gerakan.

Ada yang disebut dengan gerakan pada senam aerobik yang mempunyai fungsi masing-masing. Misalnya untuk kekuatan lengan, bagian kaki ataupun yang lainnya secara bervariasi. Secara umum antara orang satu dengan lainnya memang tidak sama tetapi mempunyai urutan yang sama.

  • Musikalitas.

Pada tahap ini merupakan dimana akan diuji kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan sesuai dengan iringan musik yang digunakan. Ini umumnya mempunyai perbedaan konsep musik yang dipilih, untuk saat ini dangdut lebih dominan.

Nah, itulah beberapa jenis tahapan yang perlu Anda pahami dalam melakukan gerakan senam yang tepat dan benar. Secara umum memang gerakan dalam aerobik tidak terlalu kuat layaknya jenis olahraga lainnya. Jadi tidak heran jika itu dilakukan hanya untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh saja tanpa tujuan tertentu yang diinginkan. Jika Anda menginginkan proses tertentu ada baiknya untuk memilih olahraga yang lain.

Baca juga Tips Olahraga Zumba dan Manfaat yang akan Anda Dapatkan

Demikian ulasan mengenai olahraga senam yang saat ini sudah mulai digandrungi banyak orang karena memang bukan hanya kesehatan raga saga saja yang Anda dapatkan tetapi juga jiwa. Menggunakan musikalitas dalam olahraga aerobik membuat Anda lebih senang melakukan setiap gerakan dan merasa lebih nyaman. Itulah sedikit informasi mengenai aerobik semoga dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>