Simak Hal-hal yang Harus Diwaspadai Karena Beresiko Menyebabkan Cedera Kepala

Kepala merupakan bagian tubuh yang sangat vital bagi manusia, sehingga terjadinya benturan sedikit saja terkadang bisa menganggu kinerja bagian tubuh yang lainnya, itulah mengapa sangat dianjurkan untuk safety atau membekali diri dengan sarapan pengaman, contohnya ketika tengah berkendara, maka diwajibkan untuk mengenakan helm bagi yang mengendarai kendaraan roda dua, sedangkan untuk mereka yang mengendarai mobil arus selalu mengenakan sabuk pengaman, untuk meminimalisir terjadinya cedera kepala tersebut.

Simak Hal-hal yang Harus Diwaspadai Karena Beresiko Menyebabkan Cedera Kepala

Pada dasarnya tidak hanya selama berkendara saja, melainkan kegiatan-kegiatan lainnya juga memungkinkan resiko terjadinya cidera yang juga terbilang serius, contohnya adalah ketika Anda melakukan aktivitas olahraga, baik itu bermain bola ataupun olahraga yang lainnya. ketika jatuh dan kepala mengalami benturan terlebih dahulu ini akan berdampak vital pada bagian tubuh yang lainnya. berikut ini beberapa macam aktivitas lainnya yang sangat rentan terjadi resiko cedera, sehingga wajib diwaspadai, diantaranya adalah:

  1. Jatuh pada sebuah ketinggian
  2. Terpeleset ketika tengah melakukan aktivitas, jadi berhati-hati ketika berjalan di permukaan yang licin.
  3. Terjadinya kecelakaan lalu lintas
  4. Dipukul atau kekerasan, pukulan dengan benda tumpul atau sejesnya bisa menyebabkan masalah pada bagian kepala.
  5. Shake baby syndrome, yaitu guncangan yang terjadi pada bayi, karena kepala mereka belum sekuat orang dewasa itulah mengapa harus selalu ditopang ketika ingin menggendongnya, untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Lalu bagaimana langkah penanganan untuk mereka yang mengalami cedera kepala tersebut. Berikut ini yang wajib diketahui:

  1. Obat-obatan, untuk beberapa masalah ringan, maka pengobatan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, hal ini harus disertai dengan adanya resep dari dokter, sehingga nantinya tidak menyebabkan efek yang bertambah parah.
  2. Terapi, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk pertolongan mereka yang mengalami cidera ini adalah dengan melakukan terapi, baik itu terapi physiotherapy, syaraf, okupasi dan yang lainnya, tergantung dari kondisi pasien sendiri, cidera tersebut akan menyebabkan masalah seperti apa, karena semakin parah maka dampaknya bisa semakin banyak pada bagian tubuh yang lainnya.
  3. Operasi, langkah lainnya yang bisa dilakukan ketika cedera yang dialami terlalu parah maka bisa dengan melakukan operasi, pembedahan bagian tulang tengkorak kemudian memperbaiki bagian yang mengalami masalah tersebut. Pada beberapa macam hal seperti kecelakaan lalu lintas dan menyebabkan terjadinya cedera, maka langkah pertolongannya dengan operasi ini.

 

Baca juga Jangan Sepelekan Cedera Kepala yang Kecil!

Jadi jangan anggap sepele cedera kepala, terkadang gejalanya bahkan tidak muncul secara langsung, melainkan selang beberapa waktu kemudian, jadi segera periksakan ke dokter sehingga langkah pertolongannya juga kian cepat, tidak menyebabkan efek jangka panjang yang justru bisa berakibat terhadap kelumpuhan, ataupun kematian, kebanyakan cedera parah bisa menyebabkan kematian penderitanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>