Seputar Olahraga Untuk Pertumbuhan Anak SD

Olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan, apalagi untuk anak yang masih sekolah di sekolah dasar (SD). Karena selain bisa membuat tubuh sehat, dengan olahraga perkembangan secara biologis dan psikologis ikut mengalami perkembangan. Ada banyak pembahasan seputar olahraga untuk anak yang menarik untuk dibahas, salah satunya adalah manfaat olahraga itu sendiri.

Tubuh Terjaga Kesehatannya

Memasuki masa SD adalah masa dimana tubuh menjadi lebih aktif dan melakukan perkembangan, oleh sebab itu agar perkembangannya baik disarankan untuk melakukan olahraga. Ada banyak artikel yang membahas seputar olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan di internet.

Membuat Anak Lebih Aktif

Rajin olahraga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Artinya olahraga tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Karena jika terlalu berlebihan malah menyebabkan tubuh kelelahan. Lakukan olahraga sesuai dengan porsinya dan pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga mampu membuat anak menjadi lebih aktif dan produktif.

Membantu Perkembangan

Olahraga di usia dini bisa berbentuk permainan. Dengan permainan olahraga tidak hanya menjaga kondisi tubuh tetap sehat, namun lebih dari itu. Olahraga bisa menjadi media melatih panca indera dan kerja sama. Umumnya olahraga dalam bentuk permainanan terdapat pada jenis-jenis permainan tradisional, misalnya: bermain kejar-kejaran, permainan loncat tinggi menggunakan karet gelang, permainan dalam lingkaran dsb.

Membantu Menumbuh Kembangkan Sifat Sosial

Olahraga pada dasarnya dapat dilakukan sendiri namun akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman. Misalnya dalam permainan olahraga biasanya dibutuhkan kerja sama, kekompakan tim. Selain itu dengan olahraga permainan bisa melatih anak bagaimana caranya memberikan perintah, mempengaruhi dsb. Akibatnya anak akan belajar bagaimanan bersosial.

Olahraga juga memberikan pengalaman dan pemahaman kepada anak apa yang dimaksud dengan persaingan, apa itu kemenangan dan kekalahan. Melalui olahraga anak belajar memecahkan masalah yang ada pada dirinya.

Membantu Anak Belajar Sportif

Dalam sebuah permainan olahraga biasanya akan nada pihak yang kalah dan yangmenang. Disinilah peranan kebesaran hati dan sikap sportif harus ditumbuhkan. Olahraga mengajarkan bagaimana caranya menghargai dan memanfaskan diri.

Mengajarkan Anak Untuk Bekerja Sama

Seperti yang sudah dijelaskan di poin-poin sebelumnya, bahwa permainan olahraga dapat membantu anak memahami dan belajar bekersama. Bisanyaa olahraga anak SD dilaukan secara bersama-sama atau berkelompok.

Melatih Kecerdasan Dan Lebih Tekun

Olahraga membutuhkan strategi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu anak yang terbiasa olahraga akan terbiasa dengan strategi. Olahraga membantu koordinasi kerja otak sehingga segala informasi yang datang bisa diserap dengan mudah.

Selain itu olahraga membantu anak untuk belajar lebih tekun. Hal ini karena olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin agar anak terbiasa dengan rutinitas, artinya olahraga juga melatih anak menjadi lebih tekun. Demikian pembahasan seputar olahraga untuk anak SD dan manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *