Seputar Olahraga – Mengapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan Saat Pagi Hari?

Membicarakan seputar olahraga memang tidak ada habisnya. Olahraga bisa dikatakan menjadi sebuah aktivitas yang wajib dilakukan secara rutin. Olahraga selain baik untuk kesehatan fisik kita, ternyata olahraga juga akan memberi manfaat bagi kesehatan mental. Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal saat melakukan olahraga, Anda harus memperhatikan waktu Anda untuk melakukannya. Ternyata waktu yang paling tepat bagi kita untuk melakukan olahraga adalah saat di pagi hari. Mengapa olahraga lebih baik dilakukan di pagi hari? Buka di siang atau malam hari?

 Alasan pertama, olahraga di pagi hari akan membuat lebih banyak lemak yang dapat terbakar. Banyak pakar menuturkan jika olahraga saat pagi hari ternyata bisa memperlancar proses metabolisme di tubuh dibandingkan dengan melakukan olahraga saat waktu lain seperti siang dan malam. Metabolisme tubuh yang lancar akan berpengaruh pula pada jumlah kalori serta lemak yang terbakar ketika melakukan olahraga. Metabolisme aktif akan bertahan hingga siang dan malam sehingga kalori atau pun lemak yang masuk ke tubuh Anda ketika makan siang dan makan malam akan mudah di hancurkan serta diubah menjadi energi.

 Manfaat seputar olahraga pagi hari yang kedua ialah pikiran akan menjadi lebih baik. Mengawali hari dengan melakukan olahraga sebetulnya akan membuat fikiran Anda menjadi lebih jernih ketika melakukan aktivitas. Ketika fikiran menjadi lebih jernih, hal ini akan menurunkan resiko seperti stress. udara yang keluar saat pagi hari masih sangat fresh dan tidak ada debu, pastinya udara ini akan baik untuk kesehatan mental dan fisik Anda. berbagai penelitian juga sudah membuktikan bila olahraga akan meningkatkan konsentrasi. Olahraga juga dapat memicu produksi endorfin sehingga bisa meningkatkan mood Anda untuk beraktivitas.

Baca Juga : INI PILIHAN JENIS OLAHRAGA DAN MANFAATNYA

 Ketiga, kualitas tidur akan menjadi lebih baik. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan juga menunjukkan jika seseorang yang meluangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari akan mempunyai kualitas tidur yang jauh lebih baik dibandingkan dengan seseorang yang melakukan olahraga di malam hari. Hal ini disebabkan, latihan pagi hari akan memaksimalkan energi yang berada di tubuh untuk melakukan aktivitas dari siang hingga malam, dan sore harinya digunakan untuk merilekskan tubuh dan fikiran. Jika sudah berkomitmen atau terbiasa bangun pagi untuk berolahraga, secara tidak langsung Anda akan terbiasa tidur lebih cepat di jam yang sama setiap hari, sebaliknya bila olahraga saat malam hari, tubuh akan sulit tidur karena otot memerlukan waktu untuk kembali normal.

 Keempat, Anda akan menjadi lebih disiplin. Apakah selama ini Anda kesulitan untuk menjadi orang yang disiplin. Jangan khawatir karena Anda dapat lebih disiplin dengan cara rutin melakukan olahraga saat pagi hari, ketika berkomitmen untuk latihan olahraga, pasti Anda akan bangun lebih pagi dan menyiapkan waktu khusus untuk melakukan olahraga, secara tidak langsung hal ini akan melatih diri Anda untuk terbiasa bangun lebih pagi dan akan mempengaruhi Anda untuk melakukan aktivitas yang lain.

 Terakhir, nafsu makan akan menjadi lebih teratur. Waktu olahraga akan sangat berpengaruh pada nafsu makan kita. Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, waktu olahraga yang paling pas adalah di pagi hari karena olahraga di pagi hari dapat mengurangi nafsu makan sepanjang hari. Dengan melakukan olahraga di pagi hari, nafsu makan akan terkontrol dengan baik. Setelah mengetahui manfaat seputar olahraga pagi hari, apakah Anda masih ragu untuk melakukan olahraga sehat ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>