Seputar Olahraga Lari: Sosok dan Karir Maurice Greene

Seputar Olahraga –  Sosok pelari tercepat asal Amerika ini memang sangat fenomenal di eranya. Salah satu pelari legendaris Amerika, yang paling gemilang. Ia memang sudah tidak aktif lagi di ajang dunia lari yang membesarkan namanya.

Greene pun pernah memecahkan rekor dunia. Dalam lomba lari 100 meter yang diadakan di Athena pada tahun 1999, Greene berhasil memecahkan rekor pelari tercepat di dunia dengan catatan waktu 9,79 detik.

Berikut kami akan turunkan biografi singkat dari pelari yang lahir pada 23 Juli 1974 silam dalam liputan seputar olahraga pekan ini.

baca juga: Berita Bola Terkini: Kandidat Pemain Terbaik Liga Inggris 2016/2017 Versi PFA Diumumkan

Biografi Maurice Greene:

Maurice Greene, lahir 23 Juli 1974 adalah mantan pelari Amerika dan pelari yang mengkhususkan diri pada jarak 100 meter dan 200 meter. Dia adalah mantan pemegang rekor dunia 100 m dengan waktu 9,79 detik. Selama puncak karirnya (1997-2004) ia memenangkan empat medali Olimpiade dan merupakan Juara Dunia lima kali. Termasuk tiga medali emas di Kejuaraan Dunia pada tahun 1999, sebuah prestasi yang sebelumnya hanya dilakukan oleh Carl Lewis dan Michael Johnson.

Karirnya dipengaruhi oleh sejumlah cedera yang ia dapatkan, sejak tahun 2001 dan seterusnya, meskipun ia memenangkan perunggu dan perak pada jarak 100 meter pada Olimpiade Musim Panas tahun 2004.  Greene adalah Juara Dunia Indoor  pada tahun 1999 dan tetap menjadi pemegang rekor dunia di dasbor 60 meter dan pria tercepat, di ajang 50 meter. Karena masalah cedera, pada tahun 2005, akhirnya secara resmi Maurice Greene pensiun dari dunia lari pada tahun 2008. Selama karirnya, dia melakukan servis kedua dalam jarak 10 detik (51) di nomor 100m (sejak dikalahkan oleh Asafa Powell). Namanya begitu fenomenal, dalam seputar olahraga lari dunia, sebagai salah satu pelari tercepat di dunia, bersama pelari-pelari lainnya seperti Usain Bolt, Asafa Powell dan Donovan Bailey.

Setelah karir di dunia lari, dia menjadi duta untuk IAAF dan sering tampil dalam acara olahraga di TV, salah satunya muncul di  acara Identity, Blind Date, dan Dancing with the Stars. Baru-baru ini dia mengajukan diri sebagai pelatih lari di University of California di Los Angeles (UCLA) untuk musim 2012-2013

Rekor Dunia:

Pada tahun 1999 ia menetapkan rekor dunia lari jarak 100 m pada 9,79 s (+0,1 m / s), mengalahkan rekor dunia Donovan Bailey yang mencapai 9,84 s (+0,7 m / s), dan mendapatkan rekor dunia dengan marjin terbesar sejak Munculnya waktu elektronik Greene juga meraih rekor dunia indoor Bailey dalam jarak 50 m, namun larinya tidak pernah diratifikasi. Dia juga mendapatkan rekor dunia indoor jarak 60 m dua kali. Rekaman indoor 60 m nya saat ini di 6,39 s. Kedua catatan masih dipegang olehnya. Sebagai tambahan, Maurice Greene adalah satu-satunya pelari dunia untuk yang meraih rekor dunia 60 m dan 100 m pada saat bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>