Seputar Olahraga Basket: Perjalanan Sang Legenda Basket Biil Russell

Seputar olahraga basket —  William Felton “Bill” Russell (lahir pada 12 Februari 1934) adalah pebasket terkenal asal Amerika. Dia adalah salah satu pemain NBA yang sangat legendaris.  Russell pernah bermain untuk Boston Celtics dari National Basketball Association (NBA) dari tahun 1956 sampai 1969. Dan pernah menyabet pemain NBA Most Valuable lima kali dan dua belas kali All-Star, dia adalah tim terbaik dari dinasti Celtics, memenangkan sebelas kejuaraan NBA Selama karirnya selama tiga belas tahun.

Baca juga: BERITA SEPUTAR OLAHRAGA: 3 ATLET TERBAIK DAN TERKENAL SEPANJANG MASA

Russell memegang rekor untuk kejuaraan terbanyak yang dimenangkan oleh atlet di liga olahraga Amerika Utara (dengan Henri Richard dari National Hockey League). Sebelum karir profesionalnya, Russell memimpin tim  basket Universitas San Francisco ke dua kejuaraan NCAA berturut-turut (1955, 1956), dan dia menjadi kapten tim basket nasional Amerika Serikat dan menjadi pemenang medali emas di Olimpiade Musim Panas 1956.

Russell secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA. Dia berada di antara 6 ft 9 in (2,06 m) dan 6 ft 10 in (2,08 m) tinggi dengan lebar sayap 7 ft 4 in (2,24 m). Pertahanan, pemblokiran dan pertahanan man-to-man adalah alasan utama keberhasilan Celtics meraih juara di zamannya.

Dia juga mengilhami rekan setimnya untuk mengangkat permainan defensif mereka sendiri. Russell sama terkenalnya dengan kemampuan reboundnya. Dia menjadi salah satu pemain NBA terdepan dalam rebound empat kali, memiliki belasan musim berturut-turut dari 1.000 kali rebound, dan menjadi pemain kedua sepanjang masa dalam total rebound total dan rebound per game. Dalam segala liputan berita seputar olahraga basket NBA, sosoknya sangat fenomenal di masanya. Sampai saat ini ia masih dihormati sebagai pemain legendaris yang berpengaruh dalam dunia NBA.

Dia adalah satu dari dua pemain NBA (yang lainnya adalah rival terkemuka Wilt Chamberlain) yang telah meraih lebih dari 50 rebound dalam sebuah pertandingan. Meski tidak pernah menjadi titik fokus pelanggaran Celtics, Russell juga mencetak 14.522 poin karir dan memberikan passing efektif.

Russell adalah pemain Afrika Amerika pertama yang mencapai status superstar di NBA. Dia juga menjalani tugas tiga musim (1966-1969) sebagai pelatih bagi pemain untuk Celtics, menjadi pelatih Afrika-Amerika pertama di olahraga pro Amerika Utara dan yang pertama memenangkan kejuaraan nasional. Atas prestasinya dalam Gerakan Hak Sipil, Presiden Amerika Barack Obama memberinya Medali Meditasi Presiden pada tahun 2011.

Russell adalah satu dari tujuh pemain dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan NCAA, Kejuaraan NBA, dan medali emas Olimpiade. Namanya masuk ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame dan National Collegiate Basketball Hall of Fame. Namanya semakin menjadi legenda yang tak tergantikan, dalam seputar olahraga basket, ketik Russel juga dinobatkan sebagai salah satu dari 50 Pemain Terbesar dalam Sejarah NBA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *