Sebelum Melakukan Olahraga Air, Lakukan Pemanasan-pemanasan Ini!

Olahraga air memang salah satu cabang yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan cuaca yang selalu panas, jadi untuk membuat tubuh menjadi segar kembali adalah dengan masuk ke dalam air. Namun hanya berendam saja tidak seru, kebanyakan dari mereka lebih suka melakukan olahraga yang menyehatkan badan sambil dapat bersenang-senang dengan teman, keluarga, atau orang yang di cinta. Biasanya, sebelum terjun ke dalam air, haruslah melakukan pemanasan. Jika tidak melakukannya, maka Anda pun bisa mengalami keram di dalam air dan akan berakibat fatal bagi diri sendiri.

Pemanasan yang biasa diketahui oleh orang awam hanyalah sekedar pemanasan biasa yang dilakukan semaunya orang tersebut. Namun ternyata ada berbagai macam pemanasan yang berguna untuk merenggangkan otot dan tidak membuat Anda keram. Berikut adalah macam-macam peregangan atau pemanasan yang bisa diterapkan sebelum terjun ke dalam air:

  • Pemanasan Statis

Pemanasan jenis ini adalah yang paling banyak diterapkan orang-orang awam. Disini Anda menggerakkan semua bagian tubuh tetapi berurutan dari kepala ke kaki, atau pun kaki ke kepala. Namun biasanya ada juga yang hanya memfokuskan pada bagian yang paling banyak dipakai untuk olahraga air. Pemanasan ini juga mudah digunakan serta tidak akan memberikan rasa sakit. Pemanasan ini bertujuan untuk membantu melenturkan tubuh serta merenggangkan otot-otot Anda supaya tidak merasa keram ketika banyak bergerak di dalam air.

  • Pemanasan Dinamis

Pemanasan jenis ini juga cocok untuk diterapkan sebelum Anda terjun ke dalam air. Pemanasan ini hanya diperuntukkan bagi kaki dan tangan. Biasanya pemanasan akan dimulai dari tangan yang digerakkan secara pelan, namun lama-lama kecepatannya harus ditambah. Hal ini bermanfaat untuk membuat otot Anda lemas dan tidak kaku, sehingga Anda pun dapat bergerak di dalam air dengan leluasa. Selain itu, pemanasan ini juga dapat diikuti dengan permainan tali maupun bola.

  • Pemanasan Aktif Terisolasi

Pemanasan ini sangat cocok untuk dilakukan sebelum berolahraga apa pun. Pemanasan ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot dengan menggerakkan bagian-bagian tubuh tetapi tidak berurutan. Hal ini juga diperuntukkan agar Anda merasa lebih siap untuk melakukan olahraga tersebut. Setelah melakukannya, tubuh Anda pun akan terasa lebih ringan dan otot-otot pun akan lebih lentur sehingga terhindar dari terjadinya keram dan hal yang tidak diinginkan.

  • Pemanasan Isometrik

Pemanasan yang terakhir yang cocok untuk dilakukan sebelum melakukan olahraga air adalah pemanasan isometrik ini. Jenis ini memungkinkan Anda untuk merenggangkan otot dengan cara menahan peregangan tersebut selama beberapa detik atau menit. Jika ingin melakukan gaya pemanasan yang mungkin sulit untuk dilakukan sendiri, mintalah bantuan dari orang lain, seperti mengangkat kaki setinggi mungkin. Jenis pemanasan ini bermanfaat untuk melatih sendi dan ligament Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>