Ragam Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pikiran

Yoga adalah jenis olahraga yang mengkombinasikan gerakan tubuh dengan kondisi yang rileks. Olahraga ini membutuhkan konsetrasi dan ketenangan. Saat ini yoga bayak diminati karena ada banyak manfaat yoga yang bisa dirasakan.

Yoga bisa dilakukan oleh siapapun baik semua umur, jenis kelamin maupun dalam segala kondisi (jika dalam kondisi medis harus dilakukan sesuai petunjuk dokter). Yoga juga bisa dilakukan oleh manula dan ibu hamil.

Sebenarnya apa manfaat yoga bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Sebagai Media Rileksasi

Gerakan yoga adalah gerakan tubuh dan anggota badan yang dilakukan secara pelan-pelan, perlahan. Hal ini membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, jika yoga dilakukan dengan tambahan musik sebagai latar belakang seperti: suara air, hembusan angin,suara kicau burung membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Itu sebabnya yoga bisa dijadikan alternatif olahraga sekaligus rileksasi, khususnya bagi Anda yang memiliki rutinitas padat setiap harinya.

Mengurangi Stress Dan Tenang Saat Menghadapi Masalah

Ada manfaat yang bisa Anda rasakan jika pikiran dan tubuh rileks yaitu terhindar dari stress. Hal ini disebabkan karena pada waktu beraktivitas yoga semua pikiran akan dibawa ke alam relaksasi, sehingga aura negative dan emosi akan keluar dengan sendirinya.

Manfaat lainnya jika tubuh dan pikiran rileks adalah menjadi lebih santai dan tenang dalam menghadapi masalah yang datang. Jika Anda tenang menghadapi suatu masalah, bisa dengan cepat masalah tersebut diatasi tanpa menimbulkan masalah baru.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti jenis olahraga lainnya, olah raga yoga juga memberikan manfaat bagi imunitas atau daya tahan tubuh. Gerakan-gerakan yoga akan memiliki hasil yang sama dengan gerakan pada olahraga lainnya. Jika daya tahan tubuh meningkat maka tubuh Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Melakukan yoga otomatis tubuh akan bugar dan stamina semakin bertambah. Gerakan-gerakan yoga dapat menstimulus bagian tubuh untuk terus bergerak aktif sehingga membuat tubuh semakin berstamina.

Membantu Menjaga Peredaran Darah

Sama seperti olahraga lainnya, olahraga yoga bermanfaat mempelancar peredaran darah dan membantu mencegah tubuh terkena penyakit penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung. Olahraga ini masuk ke dalam jenis olahraga cardio yaitu olahraga yang megoptimalkan kerja jantung.

Mencegah Osteoporosis

Masalah tulang atau osteoporosis dapat dihindari dengan cara rutin melakukan yoga. Hal ini berkaitan dengan gerakan-gerakan yang membantu fleksibelitas dan keluwesan sendi dan menjaga kualitas sendi. Selain itu kesehatan tulang tetap terjaga.

Meningkatkan Kerja Paru-Paru

Selain mengoptimalkan kerja jantung, olahraga yoga membantu mengoptimalkan kerja paru-paru. Teknik pernapasan dan rileksasi membantu kerja paru-paru dan membuat fungsi pernapasan bekerja dengan baik.

Masih banyak manfaat yoga lainnya yang bisa Anda rasakan dan dapatkan, apalagi jika olahraga ini dilakukan secara rutin. Selamat berolahraga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *