Prestasi Indonesia Seputar Olahraga Bulutangkis

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang populer dilakukan oleh masyarakat Indonesia, maka tak heran jika prestasi yang dimiliki oleh atlet bulutangkis Indonesia sangatlah banyak, tak terkecuali prestasi di tingkat dunia. Dan berikut ini adalah prestasi Indonesia seputar olahraga bulutangkis, dari dulu hingga sekarang:

Baca juga: Berita Sepakbola Dalam Negeri: Kiprah dan Sosok Striker Timnas Irfan BachdimBerita Sepakbola Dalam Negeri: Kiprah dan Sosok Striker Timnas Irfan Bachdim

  1. Rekor Juara All England 8 Kali

Prestasi seputar olahraga bulutangkis yang wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah rekor juara All England 8 kali, dan 7 diantaranya diraih secara berturut-turut yang dipegang oleh atlet Indonesia, Rudi Hartono. Hingga sekarang, rekor ini belum bisa terpecahkan. Bahkan, atas dedikasinya yang tinggi dalam olahraga bulutangkis, Rudi Hartono memperoleh Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama.

  1. Sepasang Emas Olimpiade Pertama

Pada tahun 1992, tepatnya saat penyelenggaraan Olimpiade Barcelona, Indonesia meraih sepasang emas yang diraih oleh Alan Budikusuma di sektor tunggal putra, dan Susi Susanti di sektor tunggal putri. Alan Budikusuma dan Susi Susanti pun akhirnya menikah dan masih bergelut di bidang bulutangkis hingga kini. Karena kiprahnya di bidang bulu tangkis, Alan juga memperoleh Bintang Jasa Utama dari pemerintah atas jasa-jasanya dalam dunia bulutangkis. Sedangkan Susi Susanti yang juga disebut sebagai Ratu Bulutangkis Indonesia juga memiliki sederet prestasi yang gemilang. Bahkan, ia juga mendapatkan penghargaan ‘Hall of Fame’ dari federasi bulutangkis dunia.

  1. Smash 100 Watt

Smash 100 Watt merupakan julukan bagi Haryanto Arbi, pebulutangkis Indonesia dengan banyak gelar juara dunia. Bahkan, karena kecepatan smashnya ketika berlaga, ia mendapat julukan ‘Smash 100 Watt’.

  1. Juara Dunia Wanita

Tak banyak juara dunia bulutangkis wanita di Indonesia, dan sedikit dari nama tersebut adalah Verawati Wiharjo yang berhasil menjadi juara dunia pada tahun 1980. Tak hanya menjadi juara dunia, ia pun kerap mendapatkan prestasi dalam Sea Games, China Open, dan Indonesia Open.

  1. Pasangan Ganda Campuran Terbaik

Salah satu pasangan ganda campuran terbaik yang dimiliki Indonesia adalah Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Sederet pretasi bulu tangkis dunia mereka torehkan. Bahkan beberapa waktu lalu, mereka pun menjadi satu-satunya penyumbang emas bagi Indonesia ketika Olimpiade. Prestasi mereka menjadi tanda kebangkitan bulutangkis Indonesia yang sempat meredup. Atas prestasinya ini, kedatangan mereka disambut oleh warga masyarakat dengan bahagia dan mendapat sambutan khusus dari Presiden Jokowi, bahkan, mereka pun mendapatkan bonus yang sangat besar atas prestasi mereka ini, tak hanya dari pemerintah, namun juga dari berbagai sponsor. Prestasi terakhir mereka dalam ganda campuran adalah Juara di Indonesia Open 2017, dikarenakan laga tersebut menjadi laga terakhir sebelum Liliyana Natsir gantung raket.

Itulah sederet prestasi atlet Indonesia seputar olahraga bulutangksi yang harus diketahui oleh masyarakat, karena atlet juga merupakan pahlawan yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>