Perlengkapan Olahraga Skateboard

Skateboard sudah hadir di indonesia sejak tahun 1980 akhir. Dan hingga tahun 90an, skateboard masih dianggap olahraga mahal. Tidak semua anak muda kala itu memiliki skateboard. Kebanyakan dari mereka memakai sistem ‘satu papan rame-rame’. Namun kini semenjak banyak bermunculan brand-brand lokal yang meramaikan pasar skateboard Indonesia, harga perlengkapan-perlengkapan skateboard tidaklah semahal dulu. Ini dia beberapa perlengkapan olahraga skateboard yang perlu kamu ketahui sebelum mulai meluncur.

  • Skateboard Deck

Ini adalah papan skate itu sendiri. Bentuk dan ukurannya pun beragam. Dengan desain graphic yang beraneka ragam pula. Umumnya terbuat dari tujuh lapis kayu maple yang dipress sedemikian rupa. Harga satu buah deck skateboard mulai dari 400-800 ribu.

  • Trucks

Trucks adalah kemudi dari skateboard. Bagian ini terletak di bagian bawah papan. Di dalamnya ada ruang agar papan bisa diputar-putar dengan mudah. Ruang ini disebut pivot. Bagian yang lain adalah Kingpin dan Bushing. Kingpin adalah ‘rumahnya’ bushing. Dimana bushinglah yang akan membuat papan kamu bisa berbelok. Setelan bushing ini biasanya terbagi dalam tiga.

Baca juga: ISTILAH DALAM DUNIA OLAHRAGA SKATEBOARDING

  1. Low : dimana kondisi papan dalam keadaan yang sangat tidak stabil.
  2. Medium: kondisi papan dalam keadaan lebih stabil dari Low.
  3. Hard: yang doyan ngebut disarankan menggunakan setelan ini.  

Bagian yang lain dari Trucks adalah As roda yang mengubungkan kedua sisi roda. Harga Trucks ini dikisaran 500-900 ribu untuk sepasang Trucks.    

  • Wheels

Roda skateboard mempunyai beragam ukuran. Harganya sekitar 200-500 ribu

  • Nuts and Hardware

Adalah kelengkapan skateboard yang berbentuk mur dan baut. Sepasang trucks dikunci oleh empat buah mur dan baut. Mur juga mengunci empat sisi roda agar tidak terlepas.

  • Griptape

Griptape adalah alas kasar—seperti amplas—yang berada di bagian atas dari skateboard. Fungsinya adalah mencengkram sepatu agar tidak selip. Griptape mempunyai tingkat kekasaran yang berbeda-beda sesuai kebutuhan para skater. Kalau sepatu kamu tidak ingin cepat rusak, alias terkikis habis oleh griptape, maka pilihlah griptape dengan tingkat kekasaran yang paling rendah.  

Itulah perlengkapan-perlengkapan olahraga skateboard. Perlengkapan-perlengkapan tersebut bisa didapatkan hampir diseluruh skateshop di kota kamu. Kamu bisa membeinya secara terpisah alias custom atau membeli full sheet.  Harga skateboard full sheet yang bagus ada di atas 1,3 juta. Kalau kamu baru mau memulai bermain, belilah papan skate di teman-teman komunitas saja. Bergabunglah di sana. Biasanya anak-anak yang berada di dalam komunitas punya info-info untuk papan skate murah yang kondisinya masih bagus. Belilah yang second saja dulu, asalkan full shet. Biasanya di kisaran harga antara 500 ribu sampai 1 juta. Good luck.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *