Perbandingan Olahraga Pagi dan Olahraga Malam Hari dari Segi Kesehatan

Aktivitas kadang membuat waktu kita untuk berolahraga menjadi berkurang atau bahkan tidak sempat. Entah itu di pagi hari atau olahraga malam hari, aktivitas di sekolah dan kantor dengan jadwal yang padat biasanya mengharuskan kita untuk langsung tidur saja setelah ada waktu senggang. Padahal dari segi kesehatan, orang dewasa harus berolahraga sekitar 150 menit dalam kurun waktu seminggu 5 kali, atau jika di kalkulasikan per hari, maka sekitar 30 menit sehari.

Umumnya orang memang lebih suka berolahraga di pagi hari. Itu sebabnya apabila pulang larut, waktu yang tersisa sebelum tidur tidak digunakan untuk olahraga malam. Banyak memang yang mengira jika olahraga paling sehat yaitu saat terpapar cahaya matahari pagi. Matahari dikenal memberi vitamin D untuk tubuh. Selain itu, udara pagi hari juga dikenal lebih segar. Hal ini karena kadar oksigen masih dalam taraf banyak-banyaknya dibanding siang hari yang bercampur dengan polusi. Manfaat olahraga di pagi hari antara lain :

Perbandingan Olahraga Pagi dan Olahraga Malam Hari dari Segi Kesehatan

  1. Berguna untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan
  2. berguna untuk merevitalisasi metabolisme tubuh sehingga kalori dapat terbakar lebih banyak. Jika sudah begitu, maka tekanan darah bisa lebih stabil dan berdampak pada tidur yang lebih nyenyak
  3. Membantu membentuk kebiasaan berolahraga yang lebih konsisten

Meski begitu, sebaiknya tidak ada salahnya melakukan olahraga malam jika memang pagi tidak sempat. Jangan salah… olahraga di malam hari juga memiliki segudang manfaat. Antara lain :

  1. Meningkatkan aktivitas enzim di dalam tubuh
  2. Meningkatkan kinerja fungsi otot
  3. Membantu merilekskan tubuh setelah aktivitas seharian
  4. Lebih efektif untuk membentuk otot
  5. Membantu memperbaiki masalah tidur seperti insomnia

Tidak ada ukuran manakah yang lebih sehat dilakukan antara olahraga di pagi atau olahraga malam hari. Semuanya tergantung dari faktor berikut ini :

  • Lokasi dan Setting Sosial

Jika kita merupakan tipikal yang menyukai indivualisme, maka pilih tempat yang sepi dan nyaman untuk kita berolahraga sendiri, misalnya halaman rumah. Jika menyukai keramaian, taman atau fitness center bisa jadi pilihan.

  • Waktu

Jika sulit untuk bangun pagi, maka olahraga yang tepat adalah di malam hari menjelang tidur. Namun jika menyukai bersihnya suasana pagi, maka olahraga pagi hari bisa jadi pilihan. Pada dasarnya, olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan dengan rutin.

  • Tipe olahraga

Jenis olahraga juga menentukan waktu. Tidak mungkin kita memilih olahraga renang di malam yang udaranya sangat dingin. Atau tidak mungkin kita melakukan zumba dance pagi-pagi buta.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Demikianlah perbandingan olahraga pagi dan olahraga malam hari jika dilihat dari segi kesehatan. Tidak ada masalah jika olahraga dilakukan malam sekalipun. Hal itu jauh lebih baik daripada yang tidak olahraga sama sekali. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>