Peralatan Olahraga Yoga

Peralatan olahraga yoga —- Manfaat olahraga yoga sangatlah melimpah, salah satunya untuk peningkatan keseimbangan, kekuatan, menghilangkan stress, koordinasi, dan ketenangan pikiran.

Yoga adalah olahraga kuno yang sudah ada selama ribuan tahun, yang  telah terbukti sangat bermanfaat bagi semua orang dan dari usia berapa pun. Olahraga yoga pun telah menjadi salah satu kekuatan pendorong untuk kesehatan yang baik. Ada banyak perbaikan dalam diri seseorang baik lahir maupun fisik jika melakukan olahraga yoga terus menerus.

Baca juga: Harga Perlengkapan Sepakbola Terkini, 2017

Di samping itu, olahraga yoga sebenarnya lebih mengedepankan gerakan ketimbang peralatan. Peralatan olahraga yoga cukup sederhana dan sangat efektif, tidak memakan tempat.  Sementara yoga tidak memerlukan banyak peralatan, di bawah ini ada beberapa peralatan yoga yang layak Anda ketahui, karena bagaimanapun kesiapan Anda dalam berolahraga yoga, Anda butuh perangkat yoga di bawah ini yang memang memiliki mempunyai manfaat yang luar biasa untuk setiap pose gerakan yoga Anda.

  • Yoga Block

Yoga Block sangat baik untuk membantu menyempurnakan posisi gerakan-gerakan yoga  Anda dengan memberikan elevasi pada alas. Sebagai contoh penggunaan pada posisi Half Moon pose.  Bisa juga untuk menganjal kepala pada posisi Downward Facing Dog Pose.

Ukuran block yang standard adalah persegi panjang, tetapi Anda dapat juga menemukan dengan bentuk bulat atau ergonomic-tear drop. Bahan block dapat dibuat dengan kayu, bambu, cork (gabus) atau busa (foam).

Cork dan busa adalah bahan yoga block yang memberikan kenyamanan maksimum untuk menganjal  tubuh bagian belakang dan bahu.

  • Yoga Strap

Yoga Strap digunakan untuk meraih bagian badan  yang belum dapat disentuh pada suatu posisi yoga.

Contohnya adalah untuk membantu meraih jari kaki pada posisi Hand-to-Big-Toe pose. Bahan katun (cotton) yang tebal biasanya material yang dipakai untuk membuat yoga strap.

  • Blanket

Blanket bisa memberikan bantalan pada bagian bawah lutut dan pinggang, dan dapat juga dilipat untuk menganjal bahu pada posisi Shoulderstand. Beberapa praktisi menggunakan Blanket dengan memakainya seperti selimut untuk memberikan kehangatan pada bagian final/beristirahat di Savasana.Biasanya yoga blanket terbuat dari bahan katun,wol atau material lainnya.Yang penting untuk dipilih adalah material yang non-slip (tidaklicin), kuat dan tidak menimbulkan gatal pada kulit. Anda pun harus lebih seleksi dalam memilih yoga blanket di pasaran.

  • Yoga Bolster

Yoga Bolst digunakan untuk mendukung pose reclining seperti Supta Virasana (Reclining Hero Pose). Bolster mempunyai beberapa bentuk, tetapi yang biasanya dipakai yang berbentuk cylinder seperti guling.

Carilah bolster yang covernya dapat dicuci seperti guling sehingga kebersihan dapat terjaga.

Semoga ulasan singkat mengenai perlengkapan olahraga yoga di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang baru memulai olahraga yoga. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>