Penjelasan Mengenai Mitos Populer Seputar Olahraga

Mitos adalah sebuah kondisi yang dipercayai tetapi ada yang terbukti kebenarannya tetapi juga banyak yang ternyata tidak benar. Akan tetapi karena sudah menjadi keyakinan selama bertahun-tahun maka hal tersebut tetap dipercaya dan menjadi pengetahuan yang umum saja. Banyak hal yang berhubungan dan selalu dihubungkan dengan mitos seperti juga dalam dunia olahraga. Karena ada banyak mitos seputar olahraga yang dipercaya dan diikuti oleh masyarakat padahal tidak mengetahui kebenarannya. Oleh karena itulah di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang menjadi mitos populer dalam dunia olahraga:

Penjelasan Mengenai Mitos Populer Seputar Olahraga

  • Makin berkeringat ketika olahraga akan membuat badan cepat langsing

Salah satu kepercayaan yang banyak diikuti oleh masyarakat adalah ketika berolahraga dan membuat badan banyak mengeluarkan keringat maka akan membuat tubuh cepat langsing. Dan ternyata mitos yang satu ini adalah salah dan tidak benar apabila membuat tubuh cepat langsing. Apabila Anda berolahraga dan banyak mengeluarkan keringat maka akan membuat tubuh mudah dehidrasi dan lemas. Selain itu juga terjadi pengentalan darah dan membuat tekanan darah meningkat. Oleh karena itulah sebaiknya usahakan untuk mengisi cairan tubuh dengan air putih ketika tubuh banyak mengeluarkan keringat.

  • Tubuh yang panas saat berolahraga menandakan lemak yang luntur

Mitos selanjutnya yang paling populer seputar olahraga adalah tubuh yang panas menandakan lemak luntur. Hal ini juga merupakan mitos yang salah karena ketika berolahraga proses pembakaran akan membuat tubuh memang panas. Sehingga wajar apabila tubuh mengalami kenaikan suhu ketika berolahraga. Panas tubuh saat berolahraga tersebut akan dibuang melalui penguapan dan juga keringat sehingga menjaga tubuh agar tidak overheating.

  • Otot yang berubah menjadi lemak ketika tidak berolahraga

Hal lainnya yang menjadi mitos adalah otot yang bisa menjadi lemak ketika berhenti berolahraga secara rutin. Hal tersebut juga salah karena lemak merupakan sel pasif dari timbunan energi. Sedangkan otot tersebut akan terbentuk karena diberi beban saat berolahraga. Sehingga ketika berolahraga lemak akan terbakar dan jumlahnya berkurang. Kemudian lemak yang berkurang tersebut akan memberikan ruang untuk otot menjadi semakin besar.

Baca juga: Seputar Olahraga Berkelompok yang Tak Hanya Menyehatkan Namun Juga Menyenangkan

  • Olahraga malam berbahaya bagi paru

Dan mitos seputar olahraga yang terakhir adalah waktu olahraga malam hari dapat untuk membahayakan paru. Hal ini juga salah sehingga bagi yang tidak mempunyai waktu untuk olahraga ketika pagi hingga siang dapat untuk memilih olahraga malam hari agar tetap menjaga tubuh tetap sehat. Justru olahraga malam juga dianjurkan karena pada malam hari udara lebih sejuk sehingga mengurangi resiko heat stress seperti ketika olahraga di udara yang panas. Usahakan juga untuk memilih olahraga beberapa jam sebelum waktu tidur karena nantinya akan dapat mengganggu tidur karena perlu untuk mengembalikan detak jantung ke normal terlebih dahulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>