Pengertian dan Manfaat Senam Zumba

Sebenarnya, berbagai jenis senam memiliki tujuan yang sama yaitu untuk melatih kebugaran meski gerakannya berbeda-beda. Namun meski begitu, pada awalnya banyak yang menduga bahwa senam zumba dan aerobik adalah satu jenis yang sama. Kemiripan keduanya mungkin dikarenakan Alberto Perez, pencipta zumba dari Kolumbia ini juga seorang instruktur senam aerobik.

Senam zumba adalah senam yang bergaya dance seperti gaya Bachata, Merengue, Salsa, Reggaton, Samba, dan lain sebagainya. Tujuan utamanya yaitu memperkuat otot-otot tubuh. Irama zumba juga persis seperti irama dansa, yaitu melibatkan beat dalam musiknya. Tak ayal, banyak orang yang menikmati olahraga ini. Rumus utama dalam melakukan senam ini yaitu pengontrolan denyut jantung. Gerakan zumba dapat meningkatkan denyut jantung di satu lagu namun dapat membuat jantung normal kembali di lagu berikutnya. Hal ini berulang terus-menerus hingga program selesai. Hal ini tentu berbeda dengan senam aerobik yang lebih menitikberatkan pada kardio dan kekuatannya.

Pengertian dan Manfaat Senam Zumba

Selain hal diatas, terdapat pula perbedaan utama yang mendasari gerakan zumba dari senam lainnya. Misalnya pada senam aerobik, tidak aka nada gerakan dance di dalamnya. Gerakannya hanya berupa langkah demi langkah di atas lantai. Musik aerobik pun lebih ke arah fast beat namun bukan termasuk high low beat. Beat yang dimaksud berupa ketukan yang stabil saja. Dalam senam aerobik, denyut jantung akan dibawa sampai maksimum dan akan diturunkan begitu senam selesai. Sementara jantung dalam senam zumba dipompa naik turun berkali-kali hingga senam selesai seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Senam zumba juga melibatkan tarian dan gerakan tubuh yang terus-menerus sehingga bukanlah pilihan yang tepat jika ingin membentuk otot tubuh. Zumba lebih cocok untuk program pengurusan badan yang mana banyak dipakai oleh beberapa konsultan kesehatan sekarang ini. Hal ini karena dalam sekali latihan, zumba dapat membakar kalori hingga 400-600 per jamnya. Apalagi jika ditambah dengan gerakan beat meringue diikuti dengan lompatan plyometric.

Senam zumba juga pernah memecahkan rekor sebagai senam dengan kelas terbanyak di dunia. Hal ini karena zumba menyebar ke semua kalangan dari anak-anak hingga usia senja. Gerakan zumba yang pada dasarnya ikut menari mengikuti irama musik sangatlah menyenangkan. Sehingga banyak yang merasa setelah mengikuti olahraga ini, stress dan penat mereka menghilang. Tentu saja, rasa bahagia yang didapat selama latihan akan meningkatkan mood dan membuat pikiran positif lebih mengalir lagi ke dalam tubuh.

Manfaat lain dari senam ini yaitu meningkatkan aktifitas sosial. Zumba biasanya lebih melibatkan banyak orang karena semakin ramai suasana, kegembiraan latihan akan semakin terasa. Hal ini mungkin disebabkan karena ada beberapa gerakan dalam senam zumba yang diiringi dengan teriakan penyemangat.

Demikianlah pengertian dan manfaat senam zumba yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>