Penasaran dengan Olahraga Beladiri Pencak Silat? Simak Dulu Ulasannya Berikut

Pencak silat merupakan olahraga beladiri asli dari Indonesia, dimana olahraga ini ada sejak jaman dahulu jauh sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Pencak silat menjadi salah satu bela diri yang populer pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia. Dan pencak silat pun masih menjadi olahraga yang cukup populer hingga saat ini. Ada banyak padepokan pencak silat yang mampu melahirkan pendekar-pendekar yang cukup tangguh dalam bidang bela diri.

Penasaran dengan Olahraga Beladiri Pencak Silat Simak Dulu Ulasannya Berikut

Nah kemarin saat pagelaran Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia, pencaksilat menjadi olahraga yang tiba-tiba menjadi sangat viral. Selain medali juara diborong oleh para atlet asal Indonesia, ada momen tertentu yang menyampaikan pesan bahwa olahraga adalah sebagai alat pemersatu, bukan pemecah belah. Disitulah yang menjadi kesan bagaimana pencak silat adalah olahraga yang cukup menarik.

Oh iya, selain tentang ilmu bela diri, pencak silat juga mengandung ajaran kebatinan dan menuntut pengikutnya untuk lebih dekat dengan robbnya. Nah jika Anda tertarik dengan olahraga ini, ada ribuan perguruan pencak silat di Indonesia yag semuanya tentu memiliki teknik dan ciri khas masing-masing. Namun setidaknya Anda perlu tau dulu ada beberapa teknik dasar dalam pencak silat yang harus dikuasai. Apasaja itu? Simak berikut:

  • Sikap pasang

Sikap pasang adalah teknik gabungan antara gerakan kaki dan tangan dengan posisi kuda-kuda yang kemudian diikiuti dengan siaga. Teknik ini berfungsi untuk meningkatkan kesigapan indera dan juga mental untuk bertarung. Nah, secara garis besar sikap pasang dibagi menjadi dua jenis yaitu sikap pasang tertutup dan sikap pasang terbuka.

  • Teknik pola langkah

Dalam pencak silat biasanya terdapat teknik pola langkah yang digunakan untuk membela diri. Setidaknya ada beberapa jenis teknik pola langkah mulai dari pola langkah lurus, pola langkah ladam atau U, pola langkah zigzag, pola langkah segitiga, pola langkah S, dan lainnya.

  • Kuda-kuda

Kalau teknik kuda-kuda sih sebenarnya hampir ada di semua bentuk olahraga beladiri. Teknik ini berguna untuk memperkuat posisi badan saat melakukan tangkisan dan juga serangan terhadap lawan. Sikap kuda-kuda juga digunakan untuk mengawali permainan. Ada beberapa jenis kuda-kuda yang akan Anda pelajari di pencak silat mulai dari kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda samping, kuda-kuda tengah, kuda-kuda silang depan, dan masih banyak yang lainnya.

  • Teknik pukulan

Pukulan merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk melakukan serangan. Ada beberapa teknik pukulan dalam pencak silat seperti pukulan pedang, pukulan tampar, dan lainnya.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa dari Beladiri Pencak Silat

  • Teknik tendangan

Teknik tendangan juga merupakan merupakan teknik serangan yang harus dikuasai oleh pesilat. Ada beberapa teknik tendangan seperti tendangat T, tendangan lurus ke depan, tendangan samping, dan lainnya.

  • Teknik tangkisan

Teknik tangkisan tentu digunakan untuk menahan serangan dari lawan. Adapun beberapa contoh teknik tangkisan yaitu tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas, dan bawah, dan lainnya.

Nah itulah beberapa tekni dasar pencak silat. Tentu masih banyak lagi jika Anda mendalaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>