Pedoman Olahraga Lari Bagi Para Pemula

Olahraga seharusnya menjadi gaya hidup untuk semua orang. Hal ini lantaran dengan olahraga, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dan kesehatan baik secara jasmani maupun rohani. Jika Anda tidak punya waktu ke gym atau tidak ada dana lebih untuk olahraga, maka mengapa tidak berolahraga lari saja? Olahraga lari banyak menjadi favorit banyak orang karena bisa dilakukan siapa saja. Modalnya hanya sepatu olahraga saja untuk temani perjalanan lari Anda.

Lari adalah olahraga yang bisa menjadi olahraga yang mampu menghasilkan pembakaran untuk kalori terbanyak jika dilakukan secara teratur dan tepat. Meski memang sudah terbukti manfaatnya, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara berolahraga lari dengan benar sehingga kadang lari bisa jadi olahraga yang tidak disukai. Dengan teknik yang tepat, tak hanya manfaat saja yang bisa didapatkan namun juga bisa lebih kuat lari lebih lama tanpa menimbulkan rasa sakit atau cedera.

Baca juga: Manfaat Lari Pagi dan Tips Melakukannya

Bagi Anda yang tertarik berolahraga lari, maka berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Persiapan

Dalam hal persiapan, yang perlu Anda perhatikan adalah dari segi pakaiannya dulu. Untuk pakaian, Anda harus menggunakan pakaian olahraga yang nyaman dengan bahan yang bagus. Selain itu sepatu olahraga pun harus dikenakan. Jangan lupa sebelum mulai berlari untuk mempersiapkan gizi dan juga fisik sehingga ideal dan mampu mendukung untuk berlari. Konsumsi makanan ataupun minuman yang ringan 30 menit sebelumnya sehingga Anda punya tenaga. Lanjut dengan pemanasan misalnya jalan kaki di tempat, jalan kaki ringan atau lainnya setidaknya 5 menit sebelum mulai olahraga lari.

  • Teknik lari

Persiapan fisik sudah dilakukan, selanjutnya adalah dengan mengetahui teknik berlari yang benar. Pada dasarnya teknik berlari pada setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kenyamanannya. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui diantaranya:

  • Apabila Anda lama tidak berolahraga lalu baru mulai akan aktif lagi, maka bisa dimulai dengan jalan kaki. Jika sudah mulai terbiasa dengan jalan kaki 30 menit di awal, baru coba dengan lari pelan dan sedikit demi sedikit menambahkan kecepatan.
  • Untuk pemula, hindarilah berlarian terlalu jauh ataupun terlalu lama karena bisa menjadikan cedera. Anda bisa memulainya dengan durasi pendek dan jarak dekat saja untuk nantinya terus meningkat.
  • Ketika berlari, condongkan tubuh ke depan sedikit sambil mengepal tangan. Saat lari, tapakkan ujung kaki ataupun jari kaki dibandingkan dengan bertumpu di tumit.
  • Bernapas dengan teknik benar yaitu hirup udara dari hidung dan keluar dari mulut.

Olahraga lari punya manfaat yang amat banyak. Jadi, mulailah berolahraga lari sejak saat ini dan jangan tunda lagi mengingat kesehatan adalah investasi masa depan yang amat berharga.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>