Pahami Jenis Cedera Lutut dan Cara Mengatasi Secara Tepat Berikut Ini!

Tulang lutut adalah satu bagian tubuh dimana tulang tersebut membentuk segitiga dan mempunyai ketebalan. Posisinya bersinggungan dengan tulang yang ada pada bagian paha, fungsinya sendiri adalah melindungi sendi-sendiri yang ada pada lutut tersebut. Banyak orang mengalami cedera lutut yang diakibatkan masalah yang terjadi pada penyusunan tulang pada lutut tersebut. kecelakaan seperti itu tergolong ringan tetapi jika tidak diperiksa dan di obat dengan cepat pasti akan berakibat fatal. Cedera pada bagian lutut sendiri bisa terjadi akibat berbagai kegiatan seperti olahraga, kerja ataupun kegiatan lainnya.

Pahami Jenis Cedera Lutut dan Cara Mengatasi Secara Tepat Berikut Ini!

Jika Anda terjatuh dan merasakan ada bengkak, memar ataupun nyeri yang tidak kunjung berhenti pada bagian lutut lebih baik untuk diperiksa segera. Nah, dengan pemeriksaan yang dilakukan tersebut pasti akan terlihat apakah itu termasuk kecelakaan ringan atau parah. Berikut ini ada beberapa macam cedera pada lutut yaitu:

  • Keseleo.

Pertama ada jenis kecelakaan yang dapat dikatakan ringan terjadi pada bagian ligament lutut. Untuk ligament sendiri merupakan bagian yang merupakan pemersatu dari bagian-bagian lainnya yang ada pada lutut. Sebelumnya keseleo sendiri masih dibagi menjadi beberapa tingkatan, dari mulai yang tingkat pertama atau dapat dikatakan tidak parah dan sampai dengan yang tingkat 3 yaitu mengalami sobek pada bagian lutut.

  • Bursitinis.

Ini merupakan sebuah iritasi yang terjadi pada bagian kantung dan ada suatu cairan dibagian lutut tersebut atau sering disebut juga dengan bursa. Untuk jenis cedera lutut satu ini cukup berat. Karena bursa sendiri adalah jaringan yang membentuk lutut seperti tendon yang berada di sekitaran sendi.

  • Tegang otot lutut.

Lalu ada juga kecelakaan pada bagian lutut yang membuat ketegangan ada pada sekitar lutut yang diakibatkan terlalu tajam menekuk ataupun melebar. Cedera ini umumnya dialami akibat kejadian yang tidak disadari. Secara langsung akan menimbulkan rasa sakit yang cukup berat dan Anda akan lebih terbatas dalam melakukan berbagai gerakan.

  • Meniscus.

Ada juga jenis sakit lutut yang disebut dengan meniscus, umumnya rasa sakit ini dialami oleh beberapa orang yang sudah lanjut usia. Jadi pada bagian sendi lutut akan terlihat penurunan kinerja secara signifikan.

  • Dis lokasi sendi.

Ada juga kondisi dimana tempurung lutut mengalami perpindahan yang cukup signifikan tetapi tidak memberikan ancaman yang berbahaya bagi jiwa seseorang.

Baca juga Nyeri Cedera Hamstring yang Tidak Nyaman di Kaki

Jika Anda pernah mengalami beberapa kejadian yang dapat mengakibatkan penurunan pada kinerja lutut lebih baik segera berhentikan aktivitas dengan menggunakan lutut. Anda bisa berbaring dan memberikan balsam ataupun air panas pada bagian cedera lutut tersebut. Hindari melakukan pemijatan yang berlebih tanpa mengetahui jenis kecelakaan tersebut. jika memang terlihat parah dan menyakitkan, akan lebih baik jika langsung rujuk kepada dokter ahli tulang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>