Olahraga Zumba Buat Tubuh Jadi Langsing, Mau?

Tak banyak yang tahu bahwa olahraga zumba bisa digunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih langsing dan menyehatkan. Penyebabnya karena minimnya pengetahuan mengenai salah satu olahraga yang mengedepankan gerakan dance tersebut. Zumba sendiri diketahui berasal dari Amerika Latin. Seperti apakah olahraga sekaligus dance ini dan bagaimana cara melakukannya? Di dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci.

  • Zumba sebagai dance dan olahraga

Olahraga bernama Zumba pertama kali dikenal masyarakat Kolombia. Secara garis besar, olahraga ini adalah olahraga yang diiringi oleh musik. Menariknya, musik yang digunakan pun bebas. Anda pun bisa melakukan olahraga ini dengan iringan musik mp3 yang ada di ponsel Anda. Meski musik yang dipakai bebas, gerakan yang digunakan tetaplah gerakan-gerakan yang sama pada senam fitness seperti biasanya.

Di tanah air sendiri, senam dengan model Zumba baru dikenal oleh masyarakat modern beberapa tahun belakangan ini. Sayangnya meski telah dikenal di Indonesia, popularitas zumba masih rendah. Buktinya hanya kaum masyarakat kota besar yang memanfaatkan senam menyehatkan tersebut. Tetapi Anda tak perlu mengkhawatirkan hal itu sebab Anda pun bisa melakukan olahraga ini secara individu tanpa harus melibatkan orang lain. Dengan melakukan senam model zumba, otot Anda akan mulai terbentuk lebih indah dari biasanya.

  • Manfaat zumba untuk tubuh

Melakukan gerakan-gerakan olahraga setengah senam ini tidak akan membuat Anda rugi. Banyak manfaat yang bisa Anda ambil saat melakukan zumba. Berikut adalah manfaat olahraga zumba terutama untuk kesehatan Anda:

  • Melangsingkan tubuh seseorang. Seseorang yang teratur melakukan senam zumba terbukti akan menjadi lebih langsing. Sebab kalori dan lemak terbakar saat melakukan gerakan-gerakan tari zumba.
  • Mengencangkan otot tubuh. Setiap gerakan zumba selalu mengandalkan keja otot. Otot yang awalnya kendor akan perlahan-lahan mengencang saat Anda membiasakan diri melakukan gerakan zumba.
  • Membuat lebih percaya diri. Tak hanya berguna untuk tubuh. Zumba juga dipercaya mampu membuat rasa percaya diri seseorang menjadi meningkat.

Itulah sekilas tentang zumba dan manfaatnya yang bisa Anda coba. Setelah mengetahui beberapa manfaat zumba, Anda bisa melakukan olahraga ini dengan iringan musik yang telah dipilih dari ponsel. Berikut adalah gerakan-gerakan zumba yang wajib Anda ketahui:

Baca Juga : BERIKUT 4 MANFAAT PENTING DARI OLAHRAGA ZUMBA

  • Gerakan ballet. Meski zumba bukan termasuk tarian ballet tapi Anda akan menemukan gerakan ballet di dalam senam zumba. Tak perlu kaget karena memang sang penemu zumba berasal dari Amerika Latin jadi wajar bila ada gerakan ballet.
  • Gerakan warm up. Gerakan warm up merupakan gerakan pemanasan di dalam zumba. Gerakan pemanasan ini dapat berupa lari di tempat sebanyak 16 kali.
  • Gerakan static. Gerakan static dapat Anda lakukan dengan merentangkan kedua tangan dan menarik tangan ke depan. Setelah itu pinggul diayun kan ke kanan dan ke kiri.
  • Gerakan mambo. Mambo juga merupakan salah satu gerakan dance khas Amerika Latin. Gerakan ini dapat dilakukan dengan menekuk tangan ke bagian depan. Setelah itu ayun kan kedua tangan sambil membuka kaki sambil mengikuti ritme musik.

Selain gerakan-gerakan tersebut masih ada gerakan lain yang bisa Anda coba perlahan-lahan. Gerakan tersebut misalnya saja merengue mix. Gerakan ini dilakukan dengan tempo yang lebih cepat dari sebelumnya. Ada juga gerakan beto shuffle. Gerakan ini dapat diperagakan dengan mengayunkan pinggul serta pinggang ke arah kanan dan kiri. Gerakan inilah yang akan membuat tubuh seseorang menjadi lebih langsing. Bagaimana, Anda mau mencoba olahraga zumba tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>