Olahraga Tradisional yang Mulai Terlupakan

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan beragam jenis budaya, adat ataupun lainnya. Dalam beberapa kebudayaannya masyarakat sering menggabungkan menjadi salah satu kegiatan atau aktivitas yang dapat melatih tubuh seseorang. Makanya tidak heran jika banyak sekali jenis olahraga tradisional Indonesia yang dapat membuat jasmani maupun rohani masyarakatnya sehat dan tetap bugar. Jadi selain mewarisi dan melestarikan budaya setiap orang juga bisa menjaga kesehatannya dengan beberapa kegiatan olahraga tersebut. Dari mulai anak-anak sampai dengan dewasa sekalipun semuanya bisa melakukan.

Akibat perkembangan jaman seperti sekarang ini mungkin olahraga yang modern lebih dipilih masyarakat untuk tetap menjaga kesehatannya. Tetapi walaupun demikian tetap saja perlu mengetahui apa saja jenis olahraga yang berasal dari budaya Indonesia. Nah, berikut ini beberapa macam olahraga yang wajib diketahui oleh masyarakat modern yaitu:

  • Pencak silat.

Seni bela diri atau sering disebut dengan olahraga pencak silat merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini merupakan perpaduan antara olahraga dan kesenian dalam melakukan setiap gerakan. Jika melihat asal-usul olahraga pencak silat sendiri belum dapat diketahui secara pasti.

  • Egrang.

Jangkungan atau lebih dikenal dengan egrang merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan menggunakan tongkat dan membutuhkan keseimbangan sendiri untuk dapat berjalan. Untuk di Indonesia sendiri jenis olahraga tradisional ini sering dijadikan sebagai perlombaan dalam memperingati hari kemerdekaan. Kunci utama dalam olahraga ini adalah kekuatan tubuh dan juga keseimbangan dalam menumpu beban.

  • Tarik tambang.

Kemudian ada lagi jenis olahraga yang memerlukan kekuatan dan kekompakan antar tim, hal ini tentunya melibatkan dua regu yang beradu tarikan tambang terkuat. Indonesia juga sering diadakan olahraga ini setiap hari kemerdekaan tiba, dengan penempatan pemain, kekuatan pemain, kekompakan pemain dan juga pertahanan kaki untuk tumpuan menjadi teknik dasar dalam olahraga satu ini.

  • Galah asin.

Di beberapa daerah jenis permainan sekaligus olahraga ini sering disebut dengan gobak sodor. Olahraga ini juga merupakan aktivitas yang dilakukan dalam group, jadi setiap tim terdiri dari 4 atau 5 pemain. Inti dari olahraga ini adalah menghadang lawan supaya tidak dapat melewati garis yang terakhir secara bolak-balik.

Nah, dari beberapa macam permainan tersebut tentu tidak semua anak sekarang mengetahui secara baik. Karena akibat perubahan jaman dan teknologi membuat kebiasaan masyarakat juga berubah secara drastis. Karena melakukan berbagai jenis olahraga modern lebih mengasyikkan dari pada melakukan permainan atau olahraga tradisional yang harus dilakukan dalam sebuah tim. Walaupun begitu bagi Anda yang ingin mengetahui secara jelas bagaimana alur olahraga atau permainan tradisional tersebut bisa melihatnya setiap kemerdekaan tiba yang sering dijadikan sebagai perlombaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>