Olahraga Tradisional dari Indonesia Paling Populer

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dan juga penduduk terbanyak di dunia. Hal tersebut membuat Indonesia kaya akan berbagai budaya, lagu daerah, pakaian adat, kuliner, dan juga mempunyai olahraga sendiri. Dimana ada beberapa olahraga tradisional asli Indonesia yang mempunyai banyak jenis dan juga keunggulan. Dari banyak olahraga tersebut, setidaknya ada 4 olahraga yang populer dan bisa dipilih sebagai jenis olahraga yang akan dilakukan. Beberapa jenis olahraga asli Indonesia yang paling populer tersebut adalah sebagai berikut:

Olahraga Tradisional dari Indonesia Paling Populer

  • Pencak silat

Jenis olahraga yang asli Indonesia dan sangat populer adalah pencak silat. Jenis olahraga termasuk dalam bela diri seperti misalnya karate dari Jepang dan Taekwondo dari Korea Selatan. Pencak silat sendiri merupakan olahraga bela diri yang terkenal dan mempunyai banyak perguruan silat yang terkenal dan mempunyai banyak murid yang setia. Pencak silat ini juga turut populer tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga terkenal di dunia berkat ada Film The Raid yang menggunakan pencak silat sebagai seni bela diri yang digunakan untuk adegan pertarungannya. Silat ini juga mempunyai wadah atau perkumpulan resmi yaitu IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia dan dipertandingkan dalam beberapa kejuaraan seperti Asian Games dan juga Sea Games.

  • Sepak Takraw

Jenis olahraga tradisional selanjutnya yang dapat dipilih adalah sepak takraw yang sering disaksikan pada kejuaraan resmi. Olahraga ini sendiri merupakan kombinasi dari sepak bola dan juga bola voli. Dimana untuk bermain sepak takraw menggunakan kaki akan tetapi berada di lapangan voli yang mempunyai ukuran tidak besar. Olahraga ini sendiri sudah ada semenjak lama di Indonesia dan dipercaya berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Sepak takraw dapat dimainkan 3 orang satu timnya dan menggunakan peraturan yang hampir sama dengan sepak bola dan bola voli.

  • Zawo-zawo

Olahraga lainnya yang asli dari Indonesia adalah lompat batu dari Nias yang sangat terkenal. Lompat batu dari Nias tersebut biasanya digunakan sebagai olahraga dan juga budaya untuk menunjukkan umum pria Nias yang telah matang. Sehingga sudah menjadi tradisi untuk dapat melewati batu yang tingginya sekitar 2 meter. Selain itu lompat batu sekarang ini juga menjadi atraksi kebudayaan yang dipertontonkan untuk menarik wisatawan ke Nias yang berada di wilayah Sumatra Utara.

Baca juga 4 Olahraga Tradisional dari Negara Lain yang Mirip dengan Indonesia

  • Karapan sapi

Dan jenis olahraga tradisional yang paling populer dan merupakan asli Indonesia adalah karapan sapi. Jenis olahraga ini merupakan salah satu kebudayaan dari Madura dan konsepnya mirip dengan pacuan kuda. Caranya adalah dengan orang akan berada di belakang sapi dan apabila sapinya lari ia akan menarik kereta yang ada orangnya. Hal inilah yang akan membuat menyenangkan dan bisa menjadi perlombaan untuk mencapai garis finish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>