Olahraga Ekstrim: Mengenal Sejarah Bungee Jumping

Bungee jumping adalah kegiatan olahraga ekstrim yang melibatkan jumping dari struktur tinggi saat terhubung ke kabel elastis yang besar. Struktur tinggi biasanya merupakan objek tetap, seperti bangunan, jembatan, atau derek, yang dimana seseorang melompat dari sebuah tempat tinggi (biasanya beberapa ratus kaki/meter) dengan satu ujung dari tali elastis yang ditempel di badan atau pergelangan kaki dan ujung talinya satunya terikat ke titik lompatan. Ketika seseorang melompat, tali tersebut tersebut akan melar setelah mengambil energi dari lompatan, dan peloncat akan terlontar balik ketika tali tersebut memendek. Peloncat akan berosilasi naik dan turun sampai energi dari loncatan habis

Tetapi juga memungkinkan untuk melompat dari benda bergerak, seperti balon udara atau helikopter, yang memiliki kemampuan untuk melayang di atas permukaan tanah. Sensasinya berasal dari kejatuhan bebas.  Saat orang itu melompat, tali peregangan dan jumper terbang ke atas lagi saat tali pusat berhenti, dan terus berosilasi ke atas dan ke bawah sampai semua energi kinetik hilang.

Baca juga: Manfaat Futsal Membuat Sirkulasi Darah Menjadi Lancar

Sejarah Munculnya Olahraga Ekstrim, Bungge Jumping:

Lonjakan bungee modern pertama dibuat pada tanggal 1 April 1979 dari Jembatan Suspensi Clifton 215 kaki (76 m) di Bristol, oleh David Kirke, Geoff Tabin, dan Simon Keeling,  semua anggota Oxford University Dangerous Klub Olahraga. Para siswa telah mengemukakan ide tersebut setelah membahas l “ritual melompat” yang dilakukan oleh penduduk asli Vanuatu.

Para jumper ditangkap tak lama setelah itu, namun berlanjut dengan lompatan di AS dari Jembatan Golden Gate dan Jembatan Royal Gorge (lompatan terakhir ini yang disponsori oleh dan disiarkan di televisi pada program Amerika That’s Incredible), menyebarkan konsep ini ke seluruh dunia. Pada tahun 1982, mereka melompat dari derek mobil dan balon udara.

Peluncuran bungee komersial terorganisir dimulai dengan New Zealander, A J Hackett, yang melakukan lompatan pertamanya dari Jembatan Greenhithe Auckland pada tahun 1986.  Selama tahun-tahun berikutnya, Hackett melakukan sejumlah lompatan dari jembatan dan bangunan lainnya (termasuk Menara Eiffel), membangun ketertarikan masyarakat terhadap olahraga tersebut, dan membuka situs bungee komersial permanen pertama di dunia, Jembatan Kawarau Bungy di Jembatan Suspensi Kawarau Gorgeous Dekat Queenstown di Pulau Selatan Selandia Baru. Hackett tetap menjadi salah satu operator komersial terbesar, dengan kekhawatiran di beberapa negara.

Beberapa juta lompatan sukses telah terjadi sejak tahun 1980. Rekaman keselamatan ini disebabkan oleh operator bungee yang secara ketat sesuai dengan standar dan pedoman yang mengatur lompatan, seperti perhitungan dan kelengkapan ganda untuk setiap lompatan. Seperti halnya olahraga ekstrim lainnya, cedera masih dapat terjadi.

Jembatan Sungai Bloukrans adalah jembatan pertama yang menjadi ‘bungee jumped off’ di Afrika ketika Face Adrenalin memperkenalkan bungee jumping ke benua Afrika pada tahun 1990. Jembatan Bloukrans Bungy telah dioperasikan secara komersial oleh Face Adrenalin sejak 1997, dan merupakan jembatan bungy komersial tertinggi. Di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *