Menyingkap Rahasia Olahraga Yoga untuk kesehatan

Kesehatan merupakan modal utama bagi setiap orang di dalam hidup ini. Tak bisa dipungkiri bahwa kesehatan akan mempengaruhi aktifitas seseorang setiap harinya. Karena begitu vital nya arti kesehatan, sedari dulu banyak kalangan mencoba menghadirkan cara-cara tertentu agar kesehatan orang dapat terjaga. Ada yang menawarkan menjaga kesehatan dengan menggunakan alat-alat kesehatan dan ada juga yang menyarankan olahraga yoga. Dari kedua alternatif tersebut, sebagian orang lebih suka menggunakan alat-alat kesehatan. Sementara lainnya mengaku senang melakukan yoga. Tapi benarkah dengan melakukan sejumlah serangkaian urutan yoga, tubuh akan selalu sehat? Untuk menyingkap rahasia olahraga ini, ada baiknya menyimak informasi di bawah ini.

  • Sejarah singkat adanya yoga

Yoga ternyata ada bukan tanpa sejarah. Dilihat dari namanya Yoga berasal dari sebuah bahasa Sansekerta. Secara keseluruhan, yoga diartikan sebagai olahraga memusatkan pikiran guna mengendalikan seluruh panca indera yang dimiliki. Dalam hal ini, setiap orang yang ingin berasal melakukan yoga haruslah dapat berkonsentrasi penuh. Dengan berkonsentrasi penuh, akan tercipta keseimbangan serta keselarasan antara jiwa, raga dan pikiran. Tak berhenti di situ, bila Anda melakukan gerakan-gerakan yoga, seluruh jiwa, raga serta pikiran haruslah menyatu dengan sang pencipta.

Baca Juga : OLAHRAGA WANITA YANG TEPAT AGAR TAMPIL CANTIK DAN LANGSING? LAKUKAN OLAHRAGA YOGA SAJA!

Sementara bila dilihat dari asal muasal nya, yoga sendiri berasal dari wilayah timur. Lebih tepatnya berasal dari India. Dari wilayah ini, yoga diketahui telah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Di tahun-tahun tersebut juga telah ada buku-buku atau tulisan kuno yang menjelaskan gerakan-gerakan yoga. Tak berhenti pada tulisan saja, faktanya hingga kini yoga masih dipercaya banyak orang untuk meningkatkan kesehatan seseorang.

Di tanah air sendiri, Yoga sudah ada sekitar tahun 90an. Ada fakta menarik bila melirik sejarah adanya yoga di tanah air. Olahraga yoga kala itu banyak digunakan orang untuk menyembuhkan stress. Pasalnya seperti yang diketahui banyak orang, saat pertengahan tahun 1990, Indonesia dilanda krisis ekonomi. Dari kejadian ini, tak bisa dipungkiri lagi ada banyak orang yang menderita stress lantaran kesulitan ekonomi. Sayangnya waktu itu, pengobatan medis tak mampu mengatasi permasalahan stress yang banyak diderita orang Indonesia. Dari sinilah, orang-orang lantas beralih memanfaatkan yoga.

  • Manfaat yoga untuk kesehatan

Berbicara mengenai manfaatnya, yoga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal terutama kesehatan. Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat sempurna, orang harus memahami terlebih dahulu macam-macam yoga serta cara dan teknik yang harus dilakukan. Mengapa demikian? Karena masing-masing aliran yoga memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Misalnya saja salah satu macam yoga yaitu prenatal yoga. Prenatal yoga sering dilakukan oleh ibu hamil karena tujuan utamanya ialah untuk membantu proses ibu hamil dalam melahirkan buah hati dengan baik.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan seseorang sesudah melakukan yoga dengan benar yaitu membuat daya konsentrasi semakin kuat. Meski masing-masing aliran yoga memiliki tujuan dan fungsi berbeda tetapi cara dasar dalam melakukan yoga ialah sama yaitu berkonsentrasi. Oleh karena itu, bila olahraga yoga dilakukan secara rutin dan dengan teknik yang benar maka bukan tidak mungkin tingkat konsentrasi seseorang akan bertahap meningkat. Selebihnya, fakta yoga yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan stress maupun depresi memang benar adanya. Berbagai macam penelitian telah dilakukan dan para peneliti percaya bahwa teknik pernapasan yang terdapat pada yoga dapat membuat pikiran lebih tenang. Itulah sekelumit tentang yoga dan manfaatnya. Terlepas dari semua itu, setiap olahraga tentu akan berguna bagi kesehatan manusia asalkan dikerjakan dengan cara yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>