Menilik Lebih Jauh Manfaat Olahraga Pedang Atau Anggar untuk Fisik dan Mental

Anggar merupakan satu dari banyak olahraga yang dilakukan dengan menampilkan ketangkasan ketrampilan dan kelincahan gerakan tubuh terutama tangan. Untuk gerakan yang dilakukan pada jenis olahraga pedang satu ini sangat banyak sekali, seperti memotong, menusuk, menangkis ataupun melawan musuh yang ada didepan. Olahraga ini disebut dengan pedang karena memang alat yang digunakan seperti halnya pedang, meskipun secara umum tidaklah sama dengan pedang. Hanya stik kecil panjang yang terbuat dari besi. Banyak orang mengatakan olahraga ini cukup berbahaya, padahal ini sangat aman karena menggunakan berbagai pelindung badan.

Menilik Lebih Jauh Manfaat Olahraga Pedang Atau Anggar untuk Fisik dan Mental

Di Indonesia sendiri olahraga anggar tidak mempunyai popularitas sama seperti sepak bola, basket ataupun badminton. Karena jenis olahraga satu ini terlihat mahal dan juga sulit sekali untuk dilakukan, tidak sembarang orang bisa melakukannya. Untuk dapat melakukan permainan ini, Anda harus paham terlebih dahulu beberapa teknik yang ada didalamnya. Namun, pada artikel ini tidak akan membahas mengenai teknik yang digunakan tetapi lebih kepada manfaat yang didapatkan. Berikut ini ada manfaat fisik ataupun mental yang akan Anda peroleh setelah memainkan permainan satu ini yaitu:

  • Mencegah obesitas.

Kondisi tubuh yang besar atau gemuk merupakan salah satu hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Nah, untuk mencegah hal itu Anda bisa melakukan permainan ini karena memang notabennya dalam setiap gerakan diperlukan keaktifan sendiri untuk bertahan dan menyerang lawan. Tidak heran jika lemak dan kalori yang ada dalam tubuh akan semakin banyak terbakar dan terbuang.

  • Kecerdasan otak.

Tidak banyak yang menyadari bahwa olahraga pedang atau yang lebih dikenal dengan anggar ini memberikan kecerdasan pada otak. Ya, karena memang ada dalam olahraga ini membuat Anda yang melakukan harus fokus untuk menyerang dan bertahan dengan strategi yang paling tepat untuk digunakan.

  • Menghindari nyeri.

Penyakit nyeri pada sendi merupakan yang paling umum sekali dialami oleh banyak orang, terutama pada kaki dan tangan. Jika Anda melakukan gerakan secara anggar secara rutin pasti akan terhindar dari nyeri-nyeri yang ada pada tubuh.

  • Memperkuat otot.

Otot yang kuat sangat diperlukan dalam olahraga satu ini, tidak heran jika tangan dan kaki Anda akan semakin kuat melakukan olahraga ini. Ketangkasan dan kelincahan harus disertai dengan keseimbangan Anda untuk dapat menopang berat badan.

Baca juga: Mengenal Kendo, Seni Olahraga Pedang Asal Jepang

Secara umum tubuh yang sehat akan Anda dapatkan ketika sering melakukan olahraga dengan baik, tidak terkecuali anggar. Bukan hanya bagi fisik saja tetapi juga untuk mental yang lebih baik, seperti meningkatkan keberanian, motivasi dalam diri, ketenangan jiwa dan lebih fokus lagi. Kurang lebihnya itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dalam olahraga pedang tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga Anda akan menjadi atlet professional jika terus melakukan latihan dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>