Menilik Bahaya yang Bisa Terjadi Bila Anda Melakukan Olahraga Malam

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Banyak orang yang memilih jenis olahraga sesuai dengan minatnya sehingga lebih semangat dalam melakukan olahraga. Pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga juga adalah hal yang penting karena bisa berpengaruh pada kebermanfaatan olahraga itu sendiri. Banyak orang yang memilih olahraga malam sebagai pemilihan waktunya. Akan tetapi melakukan olahraga pada malam hari bisa beresiko pada kesehatan tubuh. Meski belum sepenuhnya benar lebih baik Anda waspada dalam memilih waktu yang tepat untuk olahraga.

Menilik Bahaya yang Bisa Terjadi Bila Anda Melakukan Olahraga Malam

Berikut adalah beberapa efek akibat melakukan olahraga malam yang perlu Anda waspadai:

  1. Sistem pernapasan terganggu. Udara luar pada malam hari memang tidak baik untuk paru-paru. Ketersediaan oksigen pada malam hari tidak sama ketika siang hari sehingga melakukan kegiatan pada malam hari khususnya olahraga kurang baik untuk dilakukan.
  2. Rentan cidera dan terluka. Waktu malam hari idealnya adalah untuk istirahat bukan melakukan kegiatan. Bila melakukan olahraga pada malam hari, tubuh yang kurang siap tidak bisa melakukan olahraga secara maksimal. Meski menggunakan penerangan yang cukup karena tubuh yang kurang maksimal akan lebih mudah cidera. Oleh karenanya bagi Anda yang ingin memilih waktu berolahraga sebaiknya pilih waktu pagi atau ketika hari masih siang. Dengan demikian tubuh masih fit dan cidera dapat dihindari dengan baik.
  3. Daya tahan tubuh menurun. Ketika seseorang lebih banyak melakukan olahraga pada malam hari bukannya semakin sehat justru membuat tubuh rentan terkena penyakit.
  4. Menimbulkan nyeri pada sendi. Mungkin hal ini belum terbukti secara ilmiah tetapi sudah banyak yang mengalami hal ini. Penjelasan yang masuk akal adalah bahwa udara malam yang tidak cocok untuk tubuh menyebabkan nyeri pada persendian.

Dengan beberapa bahaya tersebut sebaiknya Anda pikirkan kembali untuk memilih olahraga pada malam hari. Bila Anda tidak sempat melakukan olahraga pada siang hari karena kesibukan yang padat, pilihlah waktu senggang disela-sela aktifitas siang Anda. Misalnya Anda bisa memilih waktu pagi hari sebelum bekerja atau waktu istirahat siang. Dalam melakukan olahraga yang baik tidak harus berlebihan. Anda cukup melaksanakannya paling tidak satu minggu dua kali secara teratur.

Baca Juga : Inilah 4 Jenis Olahraga Malam yang Direkomendasikan dan Aman untuk Dilakukan

Pemilihan olahraga malam lebih baik dihindari sehingga tubuh Anda bisa terjaga kesehatannya. Jangan sampai tujuan untuk memperoleh tubuh sehat tidak tercapai karena salah memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Kalaupun Anda ingin melakukan olahraga pada malam hari sebaiknya jangan lakukan secara rutin, hanya waktu tertentu saja. Dengan demikian Anda tidak mudah terkena penyakit dan tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Anda pun dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik dan lancar karena tubuh Anda sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>