Mengulas Beragam Manfaat Olahraga Lari Pagi Rutin

Waktu yang pas untuk lari pagi adalah sekitar 04.00-05.59. Saat jam dimana suasana masih sepi serta belum banyak kendaraan, akan membuat lari pagi menjadi lebih berkualitas. Namun, lari pagi di jam 06.00-09.00 dan bisa lebih maksimal jika dilakukan di tempat yang belum banyak polusi. Olahraga murah meriah dan bisa dilakukan dimana saja ini memiliki banyak manfaat olahraga untuk kesehatan.

Mengulas Beragam Manfaat Olahraga Lari Pagi Rutin

Pertama adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Berdasarkan pada penelitian oleh Lee yang dilakukan di tahun 2004 mengemukakan jika dengan lari maka bisa mengurangi resiko kematian karena penyakit kardivaskuler, misalnya jantung. Dari penelitian tersebut menekankan jika lari singkat yaitu sekitar 5-10 menit per harinya dengan kecepatan yang rendah yaitu kurang dari < 6 mph atau sekitar 9,6 km/jam sudah bisa menekan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit kardiovaskular tersebut secara signifikan yaitu 0,42% jika lari 5-10 menit/hari dan 0,8% jika berlari dengan kecepatan 9,6 km/jam.

Manfaat olahraga ketiga adalah membantu meringankan gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk bisa mempengaruhi hormon tertentu yang ada di dalam tubuh sehingga mempengaruhi nafsu makan. Sehingga jika kebutuhan tidur tercukupi maka bisa membantu memperbaiki keseimbangan hormon dan mengendalikan nafsu makan. Studi lain dari penelitian pada wanita usia 50-75 tahun yang kelebihan berat badan serta berolahraga kurang lebih selama 1 jam per minggunya, memiliki tidur yang lebih baik dibandingkan yang tidak berlari.

Baca juga: Empat Manfaat Melakukan Senam Aerobik Secara Rutin

Keempat adalah otot menjadi tidak mudah sakit. Dengan berlari pagi akan membuat tubuh Anda menjadi lebih aktif untuk bergerak sehingga menyebabkan metabolisme tubuh Anda menjadi lebih baik dan menyebabkan persendian yang ada di pada tulang bisa terlumasi dengan baik. Karena aktif bergerak maka peredaran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh sehingga membuat Anda tidak mudah merasa pegal atau sakit di bagian tubuh tertentu misalnya saat Anda setelah jalan-jalan.

Kelima adalah membantu memiliki tulang yang kuat dan sehat. Dengan berlari, Anda tidak hanya bisa memperkuat otot tubuh bagian bawah namun juga bagian atas dan menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Karena Anda lari di saat pagi, siang matahari mengandung banyak vitamin D yang bagus untuk tubuh sehingga membuat tulang Anda menjadi lebih kokoh, padat dan sehat. Manfaat olahraga lainnya dari lari pagi adalah:

  • Bagus untuk kesehatan panggul, punggung dan tulang kaki. Hal ini disebabkan karena lari pagi membantu merangsang regenerasi sel tulang agar lebih padat dan kuat terutama di bagian penyangga tubuh.
  • Membantu mencegah rematik. Sebab, dengan lari maka pinggul, tangan dan kaki akan bergerak dan menyebabkan otot menjadi lentur, persendian terlumasi serta ketegangan otot berkurang dan tulang menjadi kuat.
  • Mengatasi sembelit.
  • Membantu mencegah kanker usus.
  • Mencegah dimensia atau resiko kepikunan terutama bagi wanita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>