Mengenal Tingkatan dalam Seni Beladiri Taekwondo yang Perlu Anda Ketahui

Seni beladiri asal Korea ini merupakan salah satu seni beladiri yang kini banyak diminati oleh berbagai kalangan tidak hanya di Korea saja, namun hampir diseluruh belahan dunia. Bahkan seni beladiri ini telah berhasil masuk kedalam salah satu pertandingan di ajang olahraga Internasional olimpiade. Taekwondo merupakan seni beladiri yang berasal dari Korea tersebut, dimana dalam seni olahraga ini kelincahan gerakan antara bagian kaki dan tangan akan dibutuhkan. Tae sendiri merupakan sebuah kata yang berarti menendang, kwon berarti meninju dan do merupakan kata yang berarti sebuah seni. Tidak jauh berbeda dari jenis beladiri lainnya, seni inipun juga memadukan gerakan antara olahraga, hiburan, falsafat dan gerakan seni didalamnya.

 Mengenal Tingkatan dalam Seni Beladiri Taekwondo yang Perlu Anda Ketahui

Pada olahraga seni beladiri yang satu ini, biasanya para pelakunya akan dikategorikan dalam beberapa tingkatan, dimana tingkatan tersebut akan dibedakan berdasarkan sabuk yang diberikan. Warna dari masing-masing sabuk pada tingkatan dalam olahraga inilah yang akan memberikan tanda pembeda untuk tingkatan pemainnya. Berikut ini beberapa tingkatan dalam olahraga seni beladiri asal Korea, yang mungkin perlu Anda ketahui, diantaranya adalah: 

  • Putih, merupakan warna yang melambangkan suci dan bersih dimana warna sabuk ini biasanya akan digunakan oleh mereka yang berada pada tingkat dasar.
  • Kuning merupakan warna yang melambangkan bumi, dimana pada sabuk dengan warna ini para pemain berada pada tingkatan gibbon 2 dan 3. Untuk tingkatan gibbon 3 biasanya sabuk akan diberikan warna kuning dengan strip hijau didalamnya.
  • Hijau, warna yang melambangkan pepohonan pada tingkatan ini para peserta akan diajarkan mengenai teknik dasar dalam gerakan taekwondo, jika teknik dasar telah dipahami dengan benar maka peserta akan ditingkatkan ke tahapan selanjutnya, namun terlebih dahulu akan diberikan sabuk dengan warna hijau strip biru.
  • Biru, merupakan warna yang melambangkan langit, dimana pada tahapan ini peserta akan diajarkan tentang taeguk 4. Sebelum meningkat pada tahapan selanjutnya peserta akan diberikan sabuk biru dengan strip merah,

Setelah tahapan diatas dapat dilalui oleh peserta beladiri asal Korea tersebut, maka peserta dapat mendapatkan tingkatan yang lebih tinggi, dengan pemberian sabuk berwarna merah. Warna merah sendiri melambangkan warna matahari, dimana dengan warna matahari inilah para peserta diingatkan agar dapat menjadi sinar dan pedoman bagi orang lain. Pada tahapan ini peserta seni beladiri akan diajarkan mengenai teknik taeguk 6. Tahapan ini merupakan tahapan awal untuk peserta agar dapat naik ke tingkat sabuk paling tinggi. 

 Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Sabuk hitam merupakan tingkatan tertinggi dalam olahraga seni beladiri taekwondo, warna hitam sendiri melambangkan kematangan serta kedalaman dalam melakukan berbagai latihan. Dalam tingkatan ini peserta akan diajarkan berbagai teknik penguasaan gerakan ataupun mental untuk menghadapi kegelapan. Keselarasan antara teknik gerakan serta filosofi dalam seni beladiri Korea inilah, yang membuat olahraga ini semakin dikenal masyarakat dengan lebih luas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>