Mengenal Manfaat Olahraga Saat Puasa yang Belum Banyak Diketahui Banyak Orang

Pada saat bulan Ramadhan seperti saat ini, tentunya seorang muslim akan menjalankan kegiatan ibadah mereka dengan cara berpuasa. Ketika melakukan ibadah puasa inilah, tanpa kita sadari bahwa sebetulnya tubuh dalam diri kita telah melakukan penyesuaian dengan kondisi tersebut. pada saat berpuasa inilah, tubuh akan membentuk energinya sendiri dengan cara membakar berbagai nutrisi serta berbagai cadangan zat yang ada didalam tubuh seperti lemak, kalori dan karbohidrat serta zat gula, untuk dapat membentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Proses dan hasil dari pembentukan energi inilah yang kemudian menjadikan umat muslim yang berpuasa tetap dapat melakukan berbagai aktivitas dalam keseharian mereka, termasuk melakukan olahraga saat puasa.

Mengenal Manfaat Olahraga Saat Puasa yang Belum Banyak Diketahui Banyak Orang

Melakukan kegiatan olahraga ketika tubuh sedang dalam kondisi berpuasa tidak harus dilakukan dengan jenis olahraga yang berat dan dapat menguras tenaga yang dimiliki. Jenis olahraga ringan seperti yoga, berlari-lari kecil ataupun berjalan kaki mungkin dapat menjadi alternatif yang baik untuk Anda pilih. Olahraga ringan yang Anda lakukan dengan intensitas yang teratur akan dapat membawa dampak yang positif bagi kesehatan tubuh serta jiwa dalam diri kita. Dengan melakukan olahraga inilah, nantinya kesegaran tubuh serta sistem metabolisme dapat terjaga dengan baik, selain itu kesegaran jiwa serta rasa stress tidak lagi menghinggapi dalam diri kita.

Jika pada hari-hari biasanya Anda selalu melakukan olahraga dipagi hari sebelum melakukan aktivitas lainnya ataupun bersarapan, maka olahraga saat puasa yang Anda lakukan ini pun dapat Anda ubah waktunya, agar nantinya tidak mengganggu kegiatan Anda dalam menjalankan ibadah puasa. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan olahraga tersebut, antara lain adalah:

  • Olahraga di petang hari menjelang waktu berbuka puasa.
  • Olahraga di malam hari setelah menjalankan ibadah sholat tarawih.
  • Olahraga dipagi hari menjelang waktu sahur tiba.

Waktu olahraga seperti yang telah disebutkan diatas, dapat Anda pilih sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Yang perlu Anda jadikan catatan penting dalam melakukan olahraga tersebut adalah komitmen serta intensitas waktu yang Anda miliki untuk melakukan olahraga. Lakukanlah olahraga dengan waktu yang singkat namun teratur untuk dilakukan, agar nantinya dapat membawa hasil yang optimal. Hindari melakukan olahraga dalam hitungan satu atau dua kali saja dengan waktu yang panjang, karena hal tersebut justru tidak akan baik bagi kesehatan.

Baca juga Ketahuilah Beberapa Gerakan dalam Olahraga Yoga yang Sangat Baik untuk Wanita Berikut Ini!

Melakukan kegiatan olahraga saat puasa merupakan sebuah keharusan, karena selain dapat membawa manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, hal tersebut pun dapat membawa dampak yang positif bagi kesehatan psikis dalam diri kita. Oleh karenanya jangan takut dan segan untuk melakukan olahraga, meskipun diri kita sedang menjalankan kegiatan puasa Ramadhan seperti saat ini. Lakukan olahraga secara teratur untuk hasil tubuh dan jiwa yang sehat lebih optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>