Mengenal Lebih Dekat Senam Maumere

Jika menyangkut dunia senam, pasti akan identik dengan kumpulan ibu-ibu yang berlatih dengan hebohnya. Padahal cabang olahraga senam merupakan salah satu cabang yang sebenarnya sangat disukai di dunia. Berbagai kejuaraan bergengsi pun ditujukan untuk cabang ini. Selain itu karena sangat diminati, senam menjadi cabang olahraga yang juga mempunyai beragam jenis. Sebut saja yang sangat dikenal di Indonesia yaitu semacam senam aerobik, poco-poco, dan juga senam maumere.

Maumere merupakan daerah yang ada di Nusa Tenggara Timur, lebih tepatnya di Kabupaten Sikka. Meskipun nama kecamatannya kini telah berubah menjadi Nelle sejak tahun 2007, namun nama Maumere sudah terlanjur lekat dalam nama senam ini. Meski berasal dari sebuah kota terkecil di dunia yang pernah dikunjungi Sri Paus Yohanes Paulus II pada 1989, senam ini ikut andil dalam membanggakan Indonesia. Pasalnya, sebuah kelompok budaya bernama Flabamora Group pernah menampilkan senam Maumere di Australia, yaitu pada Canberra Mulcultural Festival.

Mengenal Lebih Dekat Senam Maumere

Berikut adalah penggalan lirik dari senam maumere dengan judul lagu Gemu Fa Mi Re :

“Maumere da gale kota ende

Pepin gisong gasong

Le’e luk ele rebin ha”

Penggalan bait di atas mempunyai arti bahwa Maumere adalah kota yang penuh nyanyian. Bait ini merupakan salah satu part dalam lagu Gemu Fa Mi Re untuk senam maumere. lagu tersebut merupakan ciptaan Nyong Franco, seniman asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Meski menyukai lagu ini, jangan asal comot apalagi me-remake tanpa izin dari penciptanya. Hal ini karena lagu Gemu Fa Mi Re sudah mendapat pengakuan dan perlindungan hukum dari Pemerintah Republik Indonesia dalam naungan Direktur Hak Cipta Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Namun daripada dikenal sebagai senam Gemu Fa Mi Re, senam asli Nusa Tenggara Timur ini lebih dikenal dengan senam Maumere. Tak ayal, musiknya yang meriah dan terdengar menyenangkan membuat badan akan otomatis ikut bergoyang. Gerakan senam maumere dapat dimodifikasi dan disesuaikan keinginan instruktur. Oleh karena itu, jika kamu mencarinya di internet, akan terdapat banyak versi senam maumere dari berbagai komunitas senam di Indonesia. Mudahnya gerakan yang diikuti dari senam ini membuat pecintanya tidak dari kalangan muda saja, melainkan kalangan tua pun tidak mau ketinggalan. Meski dimodifikasi pun, pasti di setaip variasi senam tersebut akan ada gerakan yang menjadi ciri khas senam ini, yaitu gerakan memutar ke kiri dan kanan serta gerakan tangan naik dan turun.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Untuk lebih mengenal dan lebih mengetahui secara mendetail gerakan senam maumere, kamu bisa mencarinya di internet atau situs-situs video. Disana terdapat banyak sekali contoh gerakan senam yang mungkin dengan variasi berbeda-beda. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>