Mengenal Lebih dalam Olahraga Softball

Olahraga merupakan aktivitas yang sudah seharusnya dijadikan bagian dari gaya hidup. Terkadang rasa malas berolahraga memang kerapkali hadir. Itulah mengapa jika Anda ingin lebih semangat dalam berolahraga, ada baiknya untuk mengajak teman sehingga bisa saling mendukung. Anda bisa melakukan olahraga softball dimana olahraga ini merupakan perkembangan dari olahraga baseball yang dimainkan dengan dua tim beregu.

Memang olahraga ini tidak terlalu populer di kalangan publik Indonesia. Namun ternyata olahraga ini sudah tercipta sejak tahun 1887. Untuk permainannya sendiri adalah dengan melempar bola yang diameternya sekitar 28 sampai 30,5 mm dan sasarannya adalah pemain lawan yang nantinya memukul dengan tongkat. Ada anggota regu lain yang berjaga dan tim pemukul. Keberhasilan ditentukan dari tim memutari seri marka dan menyentuh pada marka akhirnya.

Permainan ini dimainkan dua tim yang terdiri dari masing-masingnya adalah 9 orang. saat tim pemukul mendapat giliran, maka pelempar dan tim bertahan harus melempar bola ke pemukul sekerasnya agar bola tidak bisa terpukul tim lawan dan nantinya ditangkap oleh catcher. Tim penyerang akan mendapat giliran memukul bergantian sedangkan tim bertahan tugasnya agar tim penyerang tidak bisa memukul bola dan akhirnya mati sebelum bergantian memukul sebanyak 3 kali.

Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini ada beberapa posisi penting yang perlu diketahui di permainan olahraga softball:

  • Pitcher

Pelambung bola adalah mereka yang melempar bola ke tim lawan. Pitcher berdiri di plate yang sudah disiapkan lalu menghadap ke catcher lalu pitcher ini akan berusaha melempar bola sekuat tenaga agar tidak bisa dipukul oleh tim lawan.

  • Catcher

Penangkap bola yang dilempar oleh pitcher disebut dengan catcher. Posisinya berjongkok dan di depan wasit kepala serta di belakang pemain pemukul. Untuk menjaga keamanan catcher, maka catcher harus menggunakan segala kelengkapan keamanan mulai dari helm dan pelindung lainnya.

  • Fielder

Pemain penjaga atau fielder ini bertugas untuk bisa menjaga tiap base lalu mematikan pelari sebelum nantinya mereka sampai ke base yang akan ditujunya. Selain ada pitcher dan catcher, ada juga 7 orang fielder dimana 4 menjaga di daerah dalam dan 3 di daerah luar.

  • Batter

Pada tim lawan, ada pemukul bola yang disebut batter yang berposisi di depan catcher untuk memukul bola sekeras mungkin dari pitcher.

Permainan ini sudah banyak dimainkan di berbagai negara dan memiliki nama masing-masing. Softball umumnya dipakai oleh negara kawasan Eropa dan Amerika. Permainan ini menguji ketangkasan, kecepatan dan teknik yang tinggi namun tetap menyenangkan ketika dimainkan. Jika di Indonesia sendiri, permainan ini bisa dibilang hampir mirip ketika bermain kasti ketika masa sekolah dulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>