Mengenal Aturan Olahraga Bulutangkis Secara Umum

Olahraga mempunyai banyak cabang yang bisa dipilih dan dilakukan untuk tetap menjalani hidup sehat. Di Indonesia juga banyak sekali olahraga yang dikenal dan menjadi salah satu mata pencarian untuk atlet yang fokus pada atletik ini. Salah satu yang terkenal adalah olahraga bulutangkis yang dikenal sebagai olahraga yang paling membanggakan bagi rakyat Indonesia hingga sekarang. Hal tersebut karena cabang olahraga ini telah dan masih mempunyai prestasi yang cemerlang di tingkat dunia. Dimana atlet bulutangkis dari Indonesia mempunyai nama besar dan selalu bisa memenangkan kejuaraan penting dan meraih medali emas di kejuaraan penting dunia seperti Olimpiade atau pertandingan lainnya.

Oleh karena hal itulah tidak heran apabila banyak orang yang ingin mengikuti jejak atlet berbakat dan berprestasi di Indonesia dalam bidang olahraga ini. Bagi yang tertarik mengenai olahraga yang satu ini tentu sudah tidak asing dengan peraturan yang harus diikuti selama pertandingan. Beberapa aturan mengenai olahraga yang satu ini adalah sebagai berikut ini:

  • Jumlah pemain

Peraturan utama dalam pertandingan olahraga bulutangkis ini adalah pemain yang bermain di lapangan. Pada dasarnya ada beberapa kategori pemain dari pertandingan bulutangkis yaitu ganda dan juga pemain tunggal. Untuk pemain tunggal nantinya atlet bulutangkis wanita akan berhadapan dengan atlit wanita dan pria dengan pria. Sedangkan untuk ganda ada beberapa kategori yaitu ganda putra, putri, dan juga campuran. Dimana setiap pertandingan mempunyai juara dan nantinya akan mendapatkan peringkat masing-masing dari tunggal dan juga pemain ganda. Selain permainan individu dimana setiap kategori akan dipertandingkan ada juga kategori regu yang biasanya akan mempertandingkan semua atlet seperti layaknya pada Uber dan Thomas.

  • Waktu pertandingan

Dan aturan dasar lainnya mengenai pertandingan badminton ini adalah mengenai waktu pertandingannya. Tidak ada waktu khusus untuk pertandingan bulutangkis ini karena pemenangnya akan ditentukan dari yang mendapatkan dua babak selama pertandingan. Sehingga apabila dalam pertandingan lain seperti sebakbola yang mempunyai lama pertandingan 90 menit dengan waktu tambahan, untuk pertandingan bulutangkis ini bisa berjalan lama atau pendek tergantung dari atlet sendiri.

  • Menentukan pemenang

Aturan yang terakhir mengenai pemenang olahraga bulutangkis ini adalah dengan perhitungan skor dari wasit pertandingan. Untuk poin yang harus dikumpulkan setiap babaknya ada 21 poin dengan tiga babak. Dan setelah angka 11 akan ada istirahat sebentar kemudian melanjutkan pertandingan. Apabila atlet bulutangkis sudah meraih dua kemenangan di babak awal maka ia akan keluar menjadi pemenang. Tetapi apabila nilainya 1-1 maka akan dilanjutkan ke babak ketiga untuk menentukan pemenangnya. Dan apabila masing-masing pemain mencatatkan skor 20 pada pertandingan maka nilainya akan dihitung hingga mempunyai selisih dua angkat yaitu 20-22, 21-23, 22-24, dan selanjutnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>