Memilih Bola Sepak Berkualitas untuk Bermain Sepak Bola

Ada setidaknya 50 lebih cabang olahraga yang ada di dunia, beberapa diantaranya bisa dimainkan sendiri, namun juga tak jarang yang harus dimainkan secara berkelompok, salah satu diantaranya adalah sepak bola. Olahraga yang mengandalkan sebuah lapangan, gawang dan juga bola sepak ini memang cukup populer di seluruh dunia. Bahkan tak hanya digemari oleh kaum adam saja, banyak diantara wanita yang ternyata juga menyukainya. Selain menyenangkan memang banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan memainkan olahraga tersebut, mulai dari kesehatan hingga melatih kekompakan tim di atas lapangan hijau.

Bola termasuk dalam bagian yang sangat penting dalam menunjang permainan, tanpa bola tentunya tak ada yang diperebutkan untuk digunakan menjebol gawang lawan. Sehingga paling tidak satu sarana ini harus dimiliki ketika akan bermain sepak bola. Mudah menemukan bola di pasaran, dengan berbagai macam jenis, namun bola yang digunakan untuk bermain sepak bola adalah jenis yang khusus. Bahannya berkualitas dan tak menyebabkan rasa sakit ketika ditendang, begitu juga dengan ukuran yang sudah dibuat menyesuaikan dengan aturan permainan.

Baca juga: Bola Sepak Terbaik Sepanjang Masa Di Dunia

Berikut ini setidaknya beberapa tips untuk mendapatkan bola sepak yang bagus, yaitu:

  1. Perhatikan bahan pembuatannya, bahan adalah kualitas utama dari sebuah bola, ketika bahan yang digunakan bagus, tentunya akan semakin mudah digunakan untuk bermain, begitu juga bola tersebut tak akan menyebabkan cidera bagi pemainnya. Ukuran juga harus sesuai dengan yang ditetapkan oleh FIFA. Belilah di tempat tepat yang menjual produk bola dengan standard permainan tinggi.
  2. Bentuk permukaan atau bladder dan juga cover, kenyataannya meskipun sama-sama bola yang digunakan untuk bermain sepak bola, namun dari segi tampilan memang berbeda-beda, ada yang permukaannya halus dengan sedikit bladder, namun juga ada yang memiliki banyak bladder. Cover bola ini sendiri juga turut mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakannya, agar mudah ditemukan di atas lapangan hijau.
  3. Periksalah kondisinya terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membeli maka wajib mengecek seluruh bagian bola tersebut, pastikan tak ada yang robek atau rusak.
  4. Cek juga kekerasan, kekerasan ini bergantung pada jumlah aliran udara yang masuk kedalam bola tersebut, semakin besar jumlahnya maka akan semakin keras juga bola tersebut. Hindari memilih bola yang terlalu lembek, karena bisa jadi ada bagian kulit yang bocor sehingga tak mampu menampung udara secara optimal.
  5. Mengecek pantulan yang dihasilkan oleh bola tersebut, standard yang umum dipakai sendiri adalah 30 hingga 40 meter dengan ketinggian pantulan antara 1 hingga 2 meter.

Harga bola sepak ini cukup beragam di pasaran, tergantung dari merk dan kualitasnya, belilah yang bagus sehingga awet untuk penggunaan jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>