Manfaat Yoga yang Tak Banyak Orang Ketahui

Yoga memang menjadi salah satu olahraga yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat, baik itu dilakukan sendiri di rumah, maupun dilakukan di kelas yoga bersama instruktur. Ada banyak sekali manfaat dari yoga, dan berikut ini adalah manfaat yoga yang tak banyak orang ketahui:

  1. Mengatasi Depresi

Yoga memiliki teknik pernapasan yang tidak hanya bisa membuat tubuh sehat, melainkan juga membuat sehat pikiran. Teknik pernapasan dalam yoga memang tidaklah mudah dan tidak bisa dilakukan asal-asalan. Akan tetapi, dengan melakukan teknik pernapasan yoga yang biasa saja pun dapat mengatasi depresi, stres, serta kecemasan. Sebuah penelitian yang ditulis dalam sebuah jurnal internasional menyebutkan jika melakukan yoga selama 30 menit sehari saja akan dapat meningkatkan mood, menurunkan stress, serta membuat pekerjaan menjadi fokus. Para peneliti mempercayai jika teknik pernapasan yoga dapat menenangkan sistem saraf serta menurunkan detak jantung sehingga manfaatnya sangat besar untuk kesehatan mental.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi banyak orang, berat badan yang berlebihan menjadi masalah yang tak terelakkan, apabila masih tidak sanggup untuk diet, maka yoga bisa dijadikan pilihan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa salah satu manfaat yoga adalah dapat membantu untuk menurunkan berat badan asalkan dilakukan dengan teratur. Ketika peneliti di Fred Hutchison Cancer Research Center melakukan survei pada 15.000 orang, ditemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga secara rutin berat badannya turun hingga 18 pon dalam kurun waktu 4 tahun, sedangkan orang yang tidak melakukan yoga, membutuhkan waktu 10 tahun lebih untuk bisa menurunkan berat badan. Penelitian lainnya dalam jurnal internasional di California juga menyebutkan jika orang yang berdiet dan yoga dalam kurun waktu yang sama akan lebih cepat menurunkan berat badan daripada orang yang berdiet tanpa yoga.

  1. Menyembuhkan Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpal Tunnel atau dikenal juga dengan sindrom lorong karpal merupakan penyakit pada pergelangan tangan yang diakibatkan adanya saraf tertekan. Pada mulanya, sindrom ini terasa seperti kebas dan kesemutan, namun apabila dibiarkan terlalu lama bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan kecacatan. Sindrom ini biasanya sering menyerang orang yang kerap menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-haro. Akan tetapi tak perlu khawatir, karena yoga dapat membantu menyembuhkan penyakit ini. Dalam Jurnal of The American Medican Association disebutkan bahwa dengan melakukan yoga rutih selama kurun waktu 8 minggu dapat menurunkan rasa sakit terhadap orang yang mempunyai sindrom carpal tunnel.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Yoga merupakan suatu olahraga yang memiliki arti ‘penyatuan’ dan ‘hubungan’ dalam bahasa sansekerta. Dalam yoga diajarkan bagaimana menyatukan fisik serta pikiran, maka jangan heran apabila yoga dapat membantu untuk meningkatkan gairah dalam hubungan seksual. Seseorang yang melakukan yoga secara rutin dalam waktu 12 minggu, dipercaya gairah seksualnya akan meningkat.

Itulah manfaat yoga yang tak banyak diketahui oleh orang, dan setelah membaca manfaat-manfaat yoga di atas, sekarang tentunya semakin banyak alasan untuk menjadikan yoga sebagai rutinitas yang sehat dalam kehidupan sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *