Manfaat Yoga Untuk Wanita Hamil

Apakah ibu hamil boleh melakukan yoga? Jawabannya boleh, karena banyak manfaat yoga yang bisa dirasakan dan diambil oleh ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya.

Pada waktu seorang wanita sedang hamil akan terjadi perubahan yang signifikan baik dari segi fisik maupun psikis. Tidak sedikit wanita hamil yang mengalami rasa ketakutan, pani dan stress. Hal tersebut menjadi gejala yang umum terutama saat memasuki usia kehamilan pertama.

Kondisi psikis tersebut jangan dianggap remeh, karena bisa berdampak pada perkembangan janin. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan emosional tersebut adalah dengan melakukan yoga kehamilan.

Ada banyak manfaat yoga untuk ibu hamil, baik untuk kesehatan fisik dan kestabilan emosi. Selain itu yoga, bermanfaat untuk janin yang ada di dalam perut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat yoga untuk wanita hamil

Relaksasi

Saat melakukan latihan yoga, pikiran dan tubuh akan melakukan gerakan yang membuat tubuh menjadi lebih santai. Ibu hamil menjadi fokus pada kesehatan dirinya dan janin. Dengan demikian pikiran yang tidak menentu, strss akan berkurang sedikit demi sedikit. Ibu hamil akan merasa lebih tenang dalam membangun hubungan denganjanin.

Mengurangi Pegal dan Sakit Saat Hamil

Gangguan yang kerap dialami ibu hamil adalah pegal, linu dan sakit badan. Dengan melakukan gerakan peregangan yoga yang lembut membantu mengurangi rasa sakit dan pegal. Saat kehamilan semakin membesar, biasanya rasa nyeri akan terasa pada waktu ibu berjalan. Dengan latihan yoga, keluhan tersebut sedikit demi sedikit akan berkurang.

Menjaga Kualitas Tidur

Tidak sedikit ibu hamil yang mengeluh mengalami masalah susah tidur. Bahkan tidak jarang mereka mengalami badan nyeri saat bangun tidur. Dengan latihan pernapasan dan gerakan rileks yoga bisa membuat rasa tenang dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Memperkuat Otot

Olahraga yoga untuk ibu hamil dapat memperkuat otot-otot di tubuh. ibu hamil mengalami perubahan hormone, maka tubuhpun akan menjadi lebih fleksibel secara alami. Itu sebabnya pada waktu hamil, dianjurkan untuk berhati-hati agar tidak terjadi ketegangan otot. Salah satu cara menghindari otot-otot menjadi tegang adalah dengan latihan yoga.

Memudahkan Proses Persalinan

Hampir semua ibu hamil menginginkan proses persalinan normal, tanpa operasi. Saat melahirkan normal, ibu harus bisa mengatur nafas dengan baik. Jika nafas tidak teratur bisa menghambat proses persalinan. Nah, dengan melakukan latihan yoga secara teratur, maka jika melahirkan normal maka ibu sudah terlatih bagaimana caranya mengatur nafas dengan santai selama proses persalinan.

Manfaat yoga untuk ibu hamil bisa dirasakan, baik oleh ibu hamil itu sendiri maupun untuk bayi yang ada dalam kandungan. Latihan yoga selama masa kehamilan harus dilakukan di bawah pengawasan pelatih professional. Selain itu sebaiknya sebelum mengikuti latihan yoga, konsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan untuk meminta persetujuan. Karena kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *